Foto: Ist
>

KORANNASIONAL.COM–Sebanyak 4 wartawan dari PWI Kota Depok dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama Dewan Pers yang digelar Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, Rabu-Kamis (3-4/11/2021).

Keempat wartawan PWI Depok tersebut yaitu Rusdy Nurdiansyah (Republika), Rido Lingga (RRI), Hendrik Rausikiy (Elshinta) dan Wahyu Saputra (Sederhana).

“Mereka yang ikut UKW Tingkat Utama lulus cukup memuaskan,” kata penguji UKW Tingkat Utama, Priambodo atau yang akrab disapa Pak Bob, Sabtu (6/11/2021).

Selain itu, satu wartawan yang bertugas di Depok, Vini Rizky Amelia (Warta Kota), lulus UKW Dewan Pers Tingkat Madya, serta wartawan Republika yang bertugas di Bogor, Shabrina Zakaria, juga lulus UKW Dewan Pers Tingkat Muda. Keduanya lulus dengan predikat memuaskan.

Perum LKBN ANTARA menggelar UKW sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN.

“Kita mengetahui bahwa saat ini siapa pun bisa mengaku sebagai wartawan. Oleh karena itu, wartawan harus memiliki sertifikasi kompetensi yaitu melalui UKW,” ujar Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir.

Dia menambahkan, UKW sebagai upaya dari Perum LKBN ANTARA untuk turut serta membangun ekosistem jurnalistik nasional yang sehat dan profesional.

Kegiatan UKW ini dihadiri pula Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Pers Dewan Pers Jamalul Insan (secara virtual), serta Sekretaris Perusahaan Perum LKBN Antara Iswahyuni yang menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan UKW tersebut.

Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Perum LKBN ANTARA Nina Kurnia Dewi menegaskan, UKW Angkatan ke-7 ini merupakan kegiatan UKW yang diharapkan memberikan pengalaman dan kemampuan spesifik atau hard skill bagi para jurnalis.

“Ini pengalaman untuk para jurnalis untuk meningkatkan kompetensinya, dan LKBN ANTARA sebagai referensi penyelenggara UKW. Ketika para jurnalis menduduki jabatan struktural di media masing-masing, pewarta cukup membekali kemampuan soft skill,” jelasnya.

UKW ini diikuti 34 peserta dari Jabodetabek. Enam pewarta mengikuti ujian level Utama, enam pewarta level Madya, dan 22 pewarta di level Muda.

Sejumlah media yang mengikuti UKW, di antaranya Kantor Berita ANTARA, Republika, RRI, Elshinta, Harian Pakuan Raya, Radar Bogor, Warta Kota, Okezone.com, Tribunnews Bogor dan Pojoksatu.id.

Sementara itu, ada 12 penguji dan penguji magang yang memberikan penilaian (assesment) kepada peserta UKW.(Aris)

LEAVE A REPLY