Asisten Staf Khusus Wapres RI, Guntur Subagja Mahardika
>

KORANNASIONAL.COM–Asisten Staf Khusus Wapres RI Bidang ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, mengapresiasi gagasan transformasi perekonomian Jawa Barat melalui Supply Chain Centre sebagai salah satu solusi Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hal itu dikatakannya dalam webinar Dialog Transformasi Ekonomi Jawa Barat berjudul “Supply Chain Centre sebuah gagasan transformasi perekonomian Jawa Barat yang terintegrasi dan berdaya saing di masa depan” secara virtual, Senin (20/9/2021).

Supply Chain Centre atau SCC, menurut Guntur, bisa menjadi salah satu solusi permasalahan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dia mengatakan, permasalahan yang mendasari UMKM belum berkembang dengan baik bukanlah modal dan pemasaran. Namun, rantai pasok atau supply chain.

“Adanya Supply Chain Center (SSC) diharapkan menjadi agregator yang dibangun dalam ekosistem yang terintegrasi, sehingga menjadi solusi bagi UMKM,” ujarnya, dalam webinar tersebut.

SSC bisa berjalan dengan baik jika merespons tigal hal, antara lain megatren, teknologi, dan mindset consumer.

“Pandemi Covid-19 menjadi tantangan luar biasa untuk disikapi terutama pada consumer trend yang sebenarnya berpengaruh pada SSC,” paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat intensif melakukan pendampingan untuk mengentaskan kemiskinan terutama UMKM di daerah. Salah satu yang dilakukan saat ini yakni melalui program desa digital.

“Desa digital ini sangat mendorong SSC bagi UMKM. Maka dari itu, kami akan terus intensif melakukan pendampingan,” katanya.

SSC menjadi sistem terpadu yang membantu menekan biaya logistik, biaya pengadaan bahan baku, dan biaya produksi hingga inventory lebih hemat.

Dia pun berharap Jabar bisa menjadi model penerapan SSC yang sudah diterapkan di Korea Selatan.

“Jawa Barat bisa menjadi model atau pilot project untuk membangun SSC,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT LAPI ITB Yusmar Anggadinata mengatakan keberadaan SSC akan mampu mendorong penurunan harga produk UMKM tanpa mengabaikan kualitas.

“SCC bisa menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk dapat digenjot,” ujarnya.

Terutama, saat ini era digitalisasi maka keberadaan SCC menjadi solusi bagi rantai pasok bagi UMKM.

Di samping itu, pihaknya pun menyediakan skema Supply Chain Financing System (SCFS). “Rantai pasok harus dipetakan selain dengan jaringan sendiri atau koperasi dan pihak ketiga,” ujarnya.(*/kn)

LEAVE A REPLY