Foto: Ilustrasi
>

KORANNASIONAL.COM–Lions Clubs Indonesia Distrik 307 A1 akan menghelat web seminar (webinar) yang dikhususkan untuk anak-anak bertajuk “Merdeka Dari Pandemi” pada Kamis, 23 September 2021.

Digelarnya webinar kids ini merupakan rangkaian kegiatan Pekan Kesadaran akan Martabat untuk Anak Sedunia 2021 (Global Dignity for Children Week) yang diperingati setiap akhir Agustus dan awal September.

Menurut Ketua Panitia Dignity for Children Indonesia, Yani Kardono, pihaknya juga telah mengunjungi Anak Dengan HIV Aids (ADHA) dan anak-anak dari keluarga pra-sejahtera pada Agustus lalu.

Di webinar nanti anak-anak akan dibebaskan untuk berkreativitas serta mengemukakan pendapat dan keinginan belajarnya yang disesuaikan dengan tema Kids Speak: Merdeka Dari Pandemi.

Dijelaskan Yani, peserta webinar merupakan anak-anak berusia 10 hingga 12 tahun. Pasalnya generasi inilah yang akan memimpin Indonesia pada tahun ke 100, tahun emas Proklamasi Indonesia, di tahun 2045.

“Mereka perlu terus didukung agar berani menyampaikan aspirasinya, dan terus berjuang tanpa lelah mengatasi tantangan termasuk pandemi ini dalam mewujudkan cita-citanya,” papar Yani.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan martabat anak sesuai hasil Konvensi PBB untuk Hak Anak, serta mendukung upaya Pemerintah Indonesia memberikan sarana dan prasarana tumbuh kembang anak.

Hasil dan kesimpulan webinar ini akan disampaikan kepada Forum Anak Nasional dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Komisi VIII DPR-RI untuk dapat ditindaklanjuti.

Diikuti 100 Anak
Terpisah, Ratna Ariani selaku Koordinator Pelaksana webinar ini menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diikuti sekitar 100 anak yang memiliki latar belakang berbeda, ada yang bersekolah di SD negeri, swasta, madrasah, home schooling, panti asuhan, serta melibatkan anak-anak yang mendapatkan pendidikan khusus karena memiliki keterbatasan mental dan fisik termasuk ADHA, ABK dan anak difabel lainnya.

“Mereka berdomisili di Palembang, Bandar Lampung, Jambi, Batam serta Jabodetabek yang merupakan wilayah pengabdian Lions Clubs Indonesia Distrik 307 A1,” jelas Ratna.

Saat ini panitia sedang mempersiapkan webinar dimana para peserta didampingi para fasilitator telah memulai proses diskusi dengan menggali aspirasi anak-anak dan merumuskannya untuk disampaikan pada acara tersebut.

Dijelaskan pula, fasilitator terdiri dari para guru maupun kakak pendamping yang memfasilitasi proses kreatif penyampaian aspirasi. Kegiatan inipun mematuhi protokol kesehatan dan keamanan anak-anak serta para fasilitator di masa pandemi ini.

Selain penyampaian aspirasi anak-anak yang merupakan agenda utama, juga akan disampaikan penjelasan dari Gubernur Distrik 307 A1, Jessica Budiman, dan Ketua Komite Service For Children Clara Irwans. Akan hadir pula narasumber utama yaitu Kak Seto (Seto Mulyadi), pemerhati anak yang sudah sangat dikenal untuk menyampaikan pesannya bagi anak-anak Indonesia.

Webinar kids ini tidak dipungut biaya alias gratis, dan dapat diikuti melalui Zoom dan kanal Youtube pada 23 September, pukul 13.00-15.00 WIB.(*/kn)

LEAVE A REPLY