Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi(foto: Istimewa).
>
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi(foto: Istimewa).

KORANNASIONAL.COM – Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi swasta dalam program “Dukung UMKM Indonesia Timur” guna mendorong pemerataan ekonomi digital, terutama di wilayah timur Indonesia.

Menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, program itu akan melatih dan membina secara intensif para pelaku UMKM di Indonesia Timur agar dapat memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan bisnis mereka sehingga mampu merambah pasar ekspor.

“Dengan dukungan Kementerian Perdagangan dalam program ini, saya berharap UMKM di manapun berada dan khususnya di Indonesia Timur tidak akan lagi menemui kendala dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya serta dapat segera ikut pulih dari pandemi ini,” ucap Menteri Lutfi dalam konferensi virtual, Selasa (20/4/21).

Kepala Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam menjelaskan, program itu dilaksanakan secara intensif selama tiga bulan ke depan dan dibuka untuk dua kelompok UMKM, yaitu kelompok umum yang berfokus pada fashion, retail, dan jasa serta kelompok ekspor yang berfokus untuk menuju ke pasar global.

“Google bersama Kementerian Perdagangan RI berkolaborasi untuk mengadakan program ‘Dukung UMKM Indonesia Timur’ dengan menggandeng mitra perbankan serta mitra pelatihan lainnya untuk melatih para pejuang UMKM agar mampu bangkit kembali dan mendorong tumbuhnya perekonomian nasional,” ujar Putri Alam di acara yang sama.

Program itu akan membina 1.000 peserta UMKM secara gratis dengan metode daring, guna mempermudah peserta dalam mengikuti setiap kelasnya.

Program ini bersifat intensif dan berkelanjutan, di mana para peserta akan mengikuti kegiatan inkubasi yang diikuti dengan mentoring dan ‘tracking’ untuk memastikan bahwa UMKM memiliki rekan diskusi membahas tantangan yang dihadapi serta mampu menerapkan keahlian yang diperoleh. (ud/ed).

LEAVE A REPLY