>

Korannasional.com – Kemeriahan terhampar di Sektor Nilam Permata Depok, Kelurahan Pondok Jaya, Depok, Jawa Barat. Warga RT 05/07 begitu antusias dalam pemilihan ketua rukun tetangga (RT) atau pilkaret periode 2019-2022 di lapangan setempat, Minggu (3/3).

Antusias warga sangat besar terbukti dengan banyaknya yang menghadiri pemilihan langsung. Meski sempat turun hujan yang lebat, tidak menghalangi warga datang ke Tempat Pumungutan Suara (TPS).

Total 212 warga yang hadir di TPS. Sebelum tahapan pemilihan, panitia telah menjaring bakal calon. Hasilnya ada 4 yang lolos sebagai calon ketua RT.

Pilkaret kali ini lebih menarik karena seluruh warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas memiliki satu suara. Suara pendukung para kandidat yang bersautan menghidupkan suasana. Bahkan tidak kalah seru dengan Pilkada yang digelar tahun lalu.

Suasana guyup makin terasa karena panitia Pilkaret juga menyiapkan berbagai door prize menarik. Pembagiannya dilakukan setiap 10 hasil pembacaan pemungutan suara.

“Hadiahnya tidak seberapa, tapi seru, meriah dan guyupnya yang mahal,” kata Kusnan, salah satu panitia Pilkaret.

Pemilihan pilkaret berlangsung demokratis. Setelah registrasi ke panitia, setiap warga yang mempunyai hak suara diperkenankan masuk ke salah satu dari dua bilik yang telah disediakan. Masing-masing diberi nama Bilik Was-Was dan Bilik Jawara. Kemudian kertas suara dimasukkan ke Kotak Kepuasan yang ditongkrongi panitia. Setiap pemilih kemudian mencelupkan jarinya ke tinta sebagai bukti telah memberikan hak suaranya.

Ada empat calon yang bersaing untuk memimpin warga RT 05/07 selama tiga tahun ke depan. Kejar-kejaran perolehan suara membuat para calon RT deg-degan. Suasana makin riuh dengan teriakan para pendukung masing-masing kandidat.

Lantip Yulianto sempat melejit di awal. Namun Fabrieka dan Budi Riyanto tak mau kalah. Kejar-kejaran perolehan suara pun tak terelakan hingga akhir. 

Budi Riyanto akhirnya terpilih sebagai ketua RT setelah meraih suara terbanyak. Pegawai Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta itu mengantongi 64 dari 212 suara. Budi hanya unggul tipis, empat suara dari posisi kedua yang diambil Lantip. Tempat ketiga Fabrieka mendapat 58 suara dan Ramadano kebagian 30 suara.

Ketua RT Dani Pujiantoro mengatakan Pilkaret ini memiliki beberapa manfaat bagi warga. Menurutnya ini menjadi pembelajaraan yang baik dalam sistem demokrasi warga terkecil di tingkat RT. 

“Semoga Budi Riyanto, RT terpilih dapat menjalankan amanah warga ke depan. Selamat bekerja Pak Budi,” tutur Dani.*Surya

LEAVE A REPLY