>

www.korannasional.com–Universitas Teuku Umar (UTU) pada tahun ajaran 2017/2018 kembali menggelar prosesi Wisuda Program Sarjana. Ini merupakan wisuda kedelapan sejak Universitas Teuku Umar berubah status dari Sekolah Tinggi menjadi Universitas.

Rektor UTU Prof Jasman, mengatakan bahwa pada tahun akademik 2017/2018 ini UTU kembali meluluskan lulusan terbaiknya sebanyak 536 wisudawan, 25 diantaranya merupakan lulusan dengan pujian (cumlaude).

Rektor dalam sambutannya mengatakan bahwa jika dilihat dari keseluruhan lulusan UTU, berarti selama 8 kali wisuda total lulusan keseluruhan alumni UTU telah mencapai 3.241 orang alumni. Alumni tersebut berasal dari Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat yaitu sebanyak 942 alumni, diikuti oleh Prodi Ekonomi Pembangunan (460 alumni), Prodi Agroteknologi (410 alumni), Prodi Administrasi Negara (356 alumni), Perikanan (226 alumni), Prodi Agribisnis (272 alumni), Prodi Teknik Sipil (185 alumni), Prodi Sosiologi (141 alumni), Prodi Ilmu Komunikasi (102 alumni), Prodi Teknik Mesin (82) serta dari Prodi Teknik Industri sebanyak 65 alumni. Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab UTU kepada bangsa dan negara Indonesia dan sekaligus merupakan wujud karya utama UTU.

Sementara itu, adapun jumlah mahasiswa UTU yang aktif dan terdaftar sampai tahun ajaran 2017/2018 adalah sebanyak 4.468 mahasiswa. Jumlah mahasiswa UTU terbanyak tercatat di Prodi Kesehatan Masyarakat yaitu sebanyak 582 mahasiswa, diikuti oleh Prodi Ekonomi Pembangunan 518 mahasiswa, selanjutnya secara berturut-turut, Prodi Ilmu Administrasi Negara 485 mahasiswa, Agribisnis 440 mahasiswa, Prodi Agroteknologi 390 mahasiswa, Prodi Teknik Sipil 390 mahasiswa, Prodi Perikanan 300 mahasiswa, Sosiologi 276 mahasiswa, Teknik Industri 333 mahasiswa, Prodi Ilmu Komunikasi 328 mahasiswa, Prodi Teknik Mesin 179 mahasiswa, Prodi Manajemen 173 mahasiswa, Prodi Akuntansi 84 mahasiswa, Prodi Ilmu Hukum 71 mahasiswa, Prodi Akuakultur 53 mahasiswa, Prodi Sumber Daya Akuatik sebanyak 37 mahasiswa dan Prodi Teknologi Hasil Pertanian 18 orang mahasiswa.
Rektor berharap agar lulusan UTU bisa menjadi sebagai pencerminan dari keluhuran budi, kujujuran, kebenaran, keadilan, dan kejuangan apabila digabung dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat entrepreneurship sebagai wujud kepahlawanan Teuku Umar pada masa kekinian. Prof Jasman juga berharap agar alumni UTU bisa menjadi amunisi yang kuat dan besar dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi.

“Andai UTU adalah busur, maka kalian para alumni adalah anak panah yang meluncur dengan nama UTU pada dirimu. Ya, kalian adalah duta UTU. Untuk itu, kami titipkan nama UTU padamu. Ketika saudara-saudara berhasil di masyarakat, maka nama UTU akan terbawa baik juga. Sebaliknya dari itu, apa bila saudara gagal, temasuk terlibat dalam kasus-kasus yang merugikan negara, nama UTU akan terbawa-bawa pula,” jelas Jasman.

Menurut Jasman, UTU tidak pernah mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan kaedah-kaedah kebaikan dan besifat universal. Karena itu, nilai-nilai kejujuran, kebenaran, keadilan, dan kejuangan seharusnya telah tertanam pada diri saudara. Sebagai pencerminan dari keluhuran budi, kujujuran, kebenaran, keadilan, dan kejuangan apabila digabung dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat entrepreneurship sebagai wujud kepahlawanan Teuku Umar pada masa kekinian. “Insya Allah akan menjadi amunisi yang kuat dan besar dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi,” terang Jasman.

Turut hadir pada wisuda tersebut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh meliputi Abdullah Saleh, Iskandar Daud, Marniati, Zainal Abidin, Zainal Bakri & Hasib Amin dan beberapa tamu lainnya. (Laporan Rizwan dari Meulaboh, Aceh)

LEAVE A REPLY