www.korannasional.com-Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar siap menentukan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan diusung dalam Pilkada Jatim pada Januari 2018.

“Paling lambat enam bulan sebelum pilihan, jadi paling lambat Januari, bisa juga sebelum Januari partai Golkar sudah menentukan,” kata Wakil Sekjen DPP Partai Golkar Adies Kadir di Surabaya, Minggu (11/6).

Menurut dia, Partai Golkar hingga saat ini masih belum memutuskan calon dengan dalih masih menunggu konstelasi perkembangan politik di Jawa Timur. Selain itu, masih menunggu hasil beberpa lembaga survei yang ditunjuk Golkar.

Pernyataan tersebut sebelumnya juga disampaikan Adies Kadir saat mengadakan buka puasa bersama di kediamannya Kencanasari Timur Surabaya, Sabut (10/6) malam.

“DPP Partai Golkar belum menentukan, masih menunggu hasil survei,” kata anggota Komisi III DPR RI.

Adies mengatakan ada tujuh lembaga survei yang ditunjuk oleh partainya yakni empat di antaranya lembaga survei yang berpusat di Jakarta dan tiga lembaga survei yang berkantor di Jatim.

Hasil lembaga survei ini nanti akan menjadi acuan Partai Golkar untuk mengusung cagub dan cawagub Jatim.

Dari beberapa nama yang santer diberitakan maju sebagai calon gubernur, tiga nama sudah masuk radar yaitu Wakil Gubenur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Ketiga nama ini yang digodok dalam survei yang diadakan oleh partai Golkar.

“Ini (tiga nama) yang digodok, dari hasil survei yang masuk dalam kandidiat kuat. Dari tiga ini satu nanti yang diusung sebagai cagub,” ujarnya.

Adies mengharapkan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampingi salah satu dari tiga nama itu berasal dari kader Partai Golkar.

Beberapa nama sudah muncul dan disiapkan sebagai cawagub, yaitu Ridwan Hisyam, Gatot Sujito, Sambari, dan Adies Kadir.

Sementara itu, lanjut dia, mengenai koalisi, Partai Golkar sampai saat ini masih menunggu hasil survei dan masukan dari DPD Partai Golkar Jatim.

“Kalau di pusat dengan partai apapun kita komunikasi dengan baik, tetapi di Jatim kami masih nunggu masukan dari DPD, jadi ini koalisi masih cair,” kata Adies.(ant)

LEAVE A REPLY