www.korannasional.com-Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Trail Runners Yogyakarta menggelar kegiatan olahraga yang dipadukan dengan pariwsata Sleman Temple Run 2017 pada 16 Juli 2017 berhadiah Rp75 juta di kawasan Prambanan.

“Sport tourism merupakan perpaduan antara olahraga dan pariwisata yang saat ini sedang berkembang pesat dan banyak diminati kalangan wisatawan muda,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, di Sleman, Jumat (2/6).

Menurut dia, potensi Sleman dalam pengembangan “sport tourism” sangat besar, utamanya olahraga lari seperti maraton, “fun run”, jalan sehat, dan run atau jelajah alam.

“Banyak spot indah yang bisa ditawarkan dalam pelaksanaannya, seperti candi/peninggalan sejarah dan budaya, suasana perdesaan dan keindahan alam,” katanya.

Ia mengatakan gelaran Sleman Temple Run 2017 terbagai dalam dua kategori yaitu 25 kilometer dan 13 kilometer yang akan melewati rute destinasi wisata Taman Tebing Breksi, Candi Miri, Candi Ijo, Candi Banyunibo, Candi Keraton Ratu Boko, Candi Sojiwan, Candi Dawangsari dan Candi Barong.

“Total elevasi yang akan dilalui mencapai 1.000 meter untuk kategori 25 km dan 650 meter untuk kategori 12 km. Permukaan tanah dan bebatuan yang tidak rata akan menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mencapai garis finish,” katanya.

Sudarningsih mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menempatkan “sport tourism” sebagai salah satu produk wisata yang akan terus dikembangkan secara serius, bersinergi dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, KONI, federasi terkait serta komunitas olahraga yang ada di masyarakat.

“Melalui sinergi ini diharapkan Sleman melalui branding baru Sleman the Living Culture, part of Jogja dapat menjadi salah satu destinasi sport tourism khusunya olahraga lari di DIY,” katanya.

Sedangkan untuk pendaftaran Sleman Temple Run 2017 dibuka hingga 10 Juni 2017 dengan biaya pendaftaran Rp250 ribu untuk kategori 13 km dan Rp350 ribu untuk kategori 25 km.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui website http://templerun.race.id.

LEAVE A REPLY