www.korannasional.com–Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan merasa bangga dan menyampaikan apresiasi kepada Tim Jaguar Polres Depok. Tito menyaksikan di video yang menjadi viral bahwa bagus sekali ada kehadiran polisi di mana ada ormas-ormas yang sewenang-wenang dalam bertindak inkonstitusional, intoleran, dan melanggar hukum.

“Kapolresnya saja macan, maka anak buahnya harus lebih macan,” kata Tito saat menerima kedatangan Tim Jaguar Polres Depok yang didampingi Kapolres Depok Kombes Pol Herry Heriyawan di kediaman Kapolri, Jumat (2/6).

Tatap muka Kapolri dan Tim Jaguar Polresta Depok sebagai dukungan dan apresiasi bahwa yang dilakukan oleh Tim Jaguar tersebut sudah benar.

“Apa yang Iptu Pol Winam Agus lakukan itu mewakili seluruh anggota Polri yang harus berani dan tegas. Jadi apa yang pak Winam dan Tim Jaguar lakukan itu bukan tindakan pribadi, tapi tindakan institusi,” terang Tito.

Menurut Tito, melihat akhir-akhir ini adanya tindakan yang cenderung melanggar hukum dan intoleransi, masyarakat membutuhkan tindakan yg tegas dari aparat untuk menunjukkan bahwa Polri masih ada, berani dan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk harkamtibmas, gakkum, dan melindungi mengayomi dan melayani masyarakat, sebagai wujud nyata bahwa negara tidak terlihat lemah menghadapi golongan intoleran.

“Mungkin apa yg dilakukan pak Winam dan Tim Jaguar terjadi juga di daerah lain tapi tidak viral. Kita lihat setelah video Tim Jaguar viral, banyak sekali yang memberikan dukungan terhadap apa yang Tim Jaguar lakukan,” tuturnya.

Diutarakan Tito, dalam beberapa hari ke depan, banyak sekali pengacara yang akan datang ke Mabes polri untuk memberikan dukungan terhadap kinerja Polri ke depan.

Banyak lapisan masyarakat silent majority yang mendukung kinerja Polri dalam memerangi intoleransi dan mereka butuh lokomotif/ penggerak untuk mendukung.

“Apa yang dilakukan Kapolda Metro Jaya tentang penindakkan persekusi oleh salah satu ormas juga luar biasa banyak yang mendukung walau ada juga yang kontra. Tapi hal tersebut benar-benar menunjukkan ketegasan Polri dalam memerangi intoleransi,” jelasnya.

Secara simbolis Kapolri memberikan motor dinas atas apresiasi keberanian yang dilakukan dan tidak ragu-ragu dalam melakukan penindakan.

“Pemberian tersebut juga memberikan motivasi untuk Tim Jaguar Polres Depok dan anggota Polri secara keseluruhan. Pimpinan Polri di kewilayahan tidak boleh ragu-ragu dan harus berani dan tegas,” tegas Tito.

Lanjut Tito, kembali pada video Tim Jaguar yang menjadi viral, ia melihat tindakan spontan tanpa pamrih dan ketulusan hati anggota dalam melayani masyarakat. Ketulusan itulah yang harus dihargai oleh pimpinan. “Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi,” ucapnya.

Tito menyampaikan bahwa Polri perlu tim-tim tindak seperti ini Tim Jaguar Polres Depok. “Patut dicontoh keberadaan seperti Tim Jaguar di wilayah-wilayah lain. Saya juga berpesan untuk management media dan banyak mengekspos kegiatan positif yang memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Polri masih ada di tengah-tengah kita untuk melayani masyarakat,” pesannya. (rus/fir)

LEAVE A REPLY