>

www.korannasional.com– Calon patahana Gubernur Banten, Rano Karno yang berpasangan dengan Embay Mulya Syarief bakal “dikeroyok” tujuh kepala daerah pengusung Wahidin Halim (WH)-Andika Hazrumy (AH). Tujuh dari delapan kepala daerah di Provinsi Banten merupakan kader Golkar dan Demokrat.

Kepasatian itu terjadi setelah Dua pasangan calon Gubernur Banten yang telah ditetapkan masing-masing partai pengusung bakal head to head pada pertarungam Pilkada Banten 2017. Sehingga, diperkirakan ada tujuh kepala daerah dukungannya ke arah WH-Andhika.

Tujuh partai yang tergabung dalam Koalisi Membangun Banten yang mengusung pasangan WH-AH, yaitu Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PKB, PAN, PKS dan Gerindra, sedangkan pasangan calon patahana Rano Karno – Embay Mulya Syarief diusung Partai PDI Perjuangan, PPP dan NasDem.

Untuk diketahui, Provinsi Banten terdiri dari 8 kabupaten/kota. Ada pun  7 kepala daerah merupakan kader-kader Partai Golar dan Demokrat (dan mengeroyok Rano-Embay di Pilkada) adalah Zaki Iskandar (Bupati Tangerang/Golkar), Arief Firmasnyah (Kota Tangerang/Demokrat), Airin Rachmi Diany (Walikota Tangsel/Golkar), Tb Haerul Jaman (Walikota Serang/Golkar), Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang/Golkar), Tb Iman Ariyadi (Walikota Cilegon/Golkar) dan Iti Jayabaya (Bupati Lebak/Demokrat).

Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengatakan koalisi tujuh partai politik yang mengusung WH-Andika tersebut akan memberikan kontribusi dan pengaruh yang sangat besar. Terlebih, 80 persen kepala daerah di Provinsi Banten berasal dari Partai Golkar.

“Kemudian juga ada banyak anggota DPRD yang berasal dari Partai Golkar, dan kita akan bersama-sama untuk memenangkan pasangan ini,” ucapnya.

Ia juga mengaku sudah memiliki tim pemenangan yang kompak, solid dan kuat, sehingga bisa bersama-sama untuk memenangkan pasangan ini. Target yang diusung oleh pasangan ini hanya sebuah kemenangan dalam pilgub nanti. Namun, meski diusung 7 partai tidak lantas diperbolehkan untuk sombong.

“Namun harus bisa kerja keras untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat di Provinsi Banten yang sekarang sudah lama terbengkalai,” tuturnya.

Terpisah, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, HM Sukira mengatakan, 7 partai koalisi yang mengusung WH-Andika tak membuat PDIP, PPP, dan Nasdem gentar. Menurutnya, koalisi 3 partai akan tetap solid dan optimistis menang di Pilgub Banten.

“Artinya PDIP menang, ini bukan mendahului tuhan ya. Dulu Pak Jokowi di DKI hanya dua parpol melawan semua partai habis itu, menang kan. Pada dasarnya kami melaksanakan pembangunan politik dan demokrasi, kenapa mesti gentar, tidak ada istilah gentar,” ujar Sukira.

Sedangkan Bupati Pandeglang Irna Narulita (kader Partai Persatuan Pembangunan), diperkirakan akan memberikan dukungan kepada calon patahana Rano Karno – Embay Mulya Syarief yang diusung Partai PDI Perjuangan, PPP dan Nasional Demokrat (NasDem). (Aris)

LEAVE A REPLY