www.korannasional.com–Polda Metro Jaya meresmikan Gerakan Sadar Hukum. Polda Metro Jaya menggandeng DPD RI dan juga Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) untuk memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat secara door to door. “Ini guna meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat,” ujar Ketua Bidang Hukum (Bidkum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Agus Rokhmat, Kamis, (11/8/2016).

Agus mengatakan, gerakan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat yang semakin rendah. “Latar belakangnya mengingat masih kurangnya kesadaran hukum di masyarakat, sehingga kami bersama HAMI yang didukung oleh DPD RI membuat gerakan sadar hukum ini dengan harapan nantinya masyarakat tahu akan hak-hak serta kewajibannya dalam hukum,” jelasnya.

Ada 6 agenda yang diusung dalam gerakan sadar hukum ini, di antaranya mensosialisasikan soal hukum kepada masyarakat, kemudian sosialisasi hukum dalam kekerasan terhadap anak dan perempuan, tawuran antarwarga dan suporter, permasalahan narkoba hingga bahaya terorisme. “Kita menggagendakan 6 poin tersebut mengingat permasalah seperti tawuran antar warga, kekerasan terhadap anak dan perempuan, narkoba yang masih marak terjadi,” imbuh Agus.

Diharapkan Agus, dengan adanya gerakan tersebut, menjadikan masyarakat lebih sadar akan hukum sehingga tercipta keamanan di masyarakat khususnya yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Selain itu, diharapkan juga masyarakat tahu akan konsekuensi hukum yang akan diterima apabila terlibat dalam tindak pidana.

Dalam pelaksanaannya nanti, Bhabinkamtibmas akan mendampingi penyuluh dari DPD RI dan juga advokat dalam memberikan sosialisasi hukum kepada masyarakat. “Dengan adanya gerakan ini juga, advokat siap memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat yang jadi korban atau pelaku secara gratis,” papar Agus.

Peresmian Gerakan Sadar Hukum ini digelar di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Jl Jenderal Sudirman Kavling 55, Jakarta, Kamis (11/8/2016) pagi ini. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana, Wakil Ketua Komite III DPD RI Fahira Idris, Ketua DPD HAMI Edwin.

Sejumlah karangan bunga dalam launching gerakan tersebut menghiasi BPMJ, seperti karangan bunga dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Ketua DPR Ade Komarudin, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. (mas tete)

LEAVE A REPLY