>

Korannasional.com-Pariwisata Riau bisa maju asalkan pemerintah bisa menggarap optimal potensi dari empat sungai besar yang mengalir di daerah berjuluk “Bumi Lancang Kuning” itu. “Riau memiliki potensi yang sama besarnya dengan provinsi yang ada di Barat ataupun Utara Sumatera, tinggal pengelolaannya saja,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman, di Pekanbaru, Sabtu (26/3/2016).

Menurut Fahmizal, potensi wisata yang dimiliki oleh Provinsi Riau tidak terlepas dari empat batang sungai yang mengalir di Provinsi ini.

“Di Sungai Siak ada Istana Siak, Bono bermuara di Sungai Kampar, bakar tongkang di Sungai Rokan, pacu jalur di Sungai Indragiri. Artinya dari ke empat batang sungai tersebut juga ada destinasi lain yang memiliki potensi seperti Candi Muara Takus, Rimbo Tujuh Danau, dan lain sebagainya,” terangnya.

Dengan mengacu pada empat konsep pengembangan pariwisata ini maka Riau sebenarnya sudah memiliki tempat tujuan wisata tetapi bagaimana kemudian pemerintah dapat mengakomodir sarana dan prasara wisata tersebut apakah dengan pihak pengembang swasta atau travel agen.

“Masalahnya masih sedikit sekali travel agen yang menyediakan perjalanan wisata lokal di daerah ini, mereka lebih tertarik menjual destinasi wisata luar,ini akan menjadi perhatian tersendiri nantinya,” ucapnya.

Ia menyakini jika tempat wisata yang telah ada secara alami di empat aliran sungai tersebut merupakan potensi strategis yang dimiliki oleh Provinsi Riau. “Oleh sebab itu upaya promosi akan lebih ditingkatkan lagi agar potensi wisata alami yang dimiliki Riau dilirik oleh wisatawan,” tutup Fahmizal. (rizky)

LEAVE A REPLY