>

KORANNASIONAL.COM – Festival Budaya Nusantara 2022 yang digelar Yayasan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Perwakilan Jawa Tengah bersama komunitas Desa Wisata, Bumdes, dan UMKM di rest area gerbang gajah Kembanglimus, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah, pada 1-3 Juni 2022.

Di hari terakhir pelaksanaan Festival Budaya Nusantara 2022, asisten staf khusus Wapres RI bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika hadir sebagai narasumber dalam acara sarasehan UMKM dan Bumdesa. “Saya kagum dengan pelaku usaha mikro dan kecil yang terus eksis di tengah pandemi dan dapat menghidupkam ekonomi desa-desa di Nusantara,” ujar Guntur yang juga selaku ketua umum Intani dan pembina Insan Pariwisat Indonesia (IPI).

Selama tiga hari berbagai rangkaian acara dilaksanakan seperti pagelaran kesenian tradisional, wayang kulit, lomba dan demo masak, pembuatan NIB bagi 1.000 UMKM dan Expo UMKM. Untuk acara Expo UMKM, menampilkan berbagai produk lokal seperti kain batik, sandal, tas, produk kerajinan dari bambu & kayu, karikatur dan produk olahan berbagai jenis makanan & minuman.

Menurut Guntur, Expo UMKM menjadi momentum kebangkitan pelaku UMKM untuk naik kelas. “Khususnya UMKM di Magelang dan seluruh Indonesia pada umumnya, bahkan dapat berdampak ke seluruh dunia, karena Borobudur merupakan ikon dunia”.

Guntur juga berpesan pentingnya para pelaku UMKM dalam membangun ekosistem. “Fokus produksi dengan menjaga 3K(kualitas, kuantitas, kontinuitas), membentuk jaringan pasar dan penggunaan teknologi”.

Tak lupa Guntur menyampaikan bahwa potensi pariwisata desa sangat besar yang bisa menjadi penggerak ekonomi nasional. “Banyak destinasi pariwisata desa yang indah dan memberikan pengalaman luar biasa kepada para pengunjungnya. Menyajikan khas pariwisata Nusantara dengan kearifan lokal (local wisdom)”.

Sesuai tema Festival Budaya Nusantara 2022 yaitu ‘Membangun Kekuatan Budaya Nusantara dan Kemandirian Ekonomi Bangsa’,  menjadi cermin kebangkitan sektor pariwisata dimulai dari desa pasca pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dua tahun terakhir.

Sebagai penutup Guntur menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada panitia Festival Budaya Nusantara 2022 dan pengurus Dewisnu Jawa Tengah yang memberi kesempatan untuk bersilaturahmi, berdialog, dan belajar dari para pelaku UMKM dan Desa Wisata di Jawa Tengah serta beberapa daerah lainnya yang hadir.*

LEAVE A REPLY