Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI, Guntur Subagja Mahardika (dua dari kanan), menjadi salah satu narasumber seminar yang digelar AMSI Jawa Barat bertajuk 'Media Siber di Jabar: Sehat Bisnisnnya, Berkualitas Kontennya', di Trans Hotel, Bandung, Sabtu (27/11/2021).
>

KORANNASIONAL.COM–Kini Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat memiliki kepengurusan baru, periode 2020-2023. Pengukuhannya digelar di Trans Hotel, Bandung, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Ketua AMSI Jabar, Riana A Wangsadiredja, pelantikan AMSI Jabar baru dilakukan pada tahun ini lantaran terkendala pandemi Covid-19 yang belum memungkinkan menghelat acara tatap muka.

Selain pelantikan pengurus, AMSI Jabar juga menggelar seminar bertajuk ‘Media Siber di Jabar: Sehat Bisnisnnya, Berkualitas Kontennya’. Seminar ini memaparkan banyak hal, utamanya yang terkait eksistensi AMSI Jabar dalam menaungi perusahaan-perusahaan media siber di Jawa Barat.

“Kami ingin mengajak perusahaan media untuk bergabung dan men-standardkan perusahaannya sesuai ketentuan yang diatur Undang-undang Pers,” kata Riana.

Dijelaskan Riana, perusahaan media harus memiliki standard baku dan terverifikasi oleh Dewan Pers, baik dari aspek legal, produksi, distribusi, dan kode etik jurnalistiknya.

“Jadi kami mengajak perusahaan pers bergabung di AMSI agar perusahaannya sehat, bisnisnya sehat, dan berkualitas kontennya,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, merespons positif kehadiran AMSI yang dinilainya mampu menjadi perpanjangan pemerintah dalam menyerap persoalan yang terjadi di masyarakat.

“Pemerintah dengan pers harus berkolaborasi untuk bersama-sama membangun, karena melalui media, pemerintah akan mengetahui informasi apapun, dan begitu pun pemerintah akan mampu menyampikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Hadir pula empat narasumber dalam seminar AMSI Jabar, yaitu Guntur Subagja Mahardika (Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI), Hendrayana Direktur Eksekutif LPDS), Faiz Rahman (Diskominfo Pemprov Jabar), dan Teten Indra Abdillah (Komisaris Utama PT New Inspirator).

Kegiatan AMSI Jabar ini didukung Pemprov Jabar, BNI, PDAM Kabupaten Bogor, dan produk herbal Gentong Geulis.

Susunan Pengurus

Kepengurusan baru AMSI Jawa Barat diperkuat Surat Keputusan Nomor: 25/INT/SK/PENGNAS/AMSI/XII/2020 yang ditandatangani Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut pada 20 Desember 2020, serta berdasarkan hasil Konferensi AMSI Wilayah Jawa Barat yang diadakan secara langsung pada 14 Desember 2020 lalu.

Dari hasil tersebut, Riana A Wangsadiredja dari media Jabarnews.com dipercaya sebagai Ketua AMSI Jabar. Dalam tugasnya, Riana dibantu oleh Kisdiantoro dari media Tribunjabar.id sebagai sekretaris, dan Nanang Syaefudin dari media Terasjabar.co sebagai bendahara.

Selain tiga orang tersebut, juga ada bidang-bidang kepengurusan lainnya. Seperti Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Litbang yang dipercayakan pada Muhammad Ridwan dari Pojoksatu.id dan Annas Nasrullah dari Tintahijau.com.

Bidang Dana dan Pengembangan Usaha akan dipegang oleh Yayan Istiandi dari Beritainspiratif.com, dan Rifki Abdul Fahmi dari Prfmnews.id.

Kemudian, untuk Bidang Hukum dan Advokasi dipercayakan kepada Duddy RS dari Kapol.id, Lukman N dari Pasundanekspres.co, dan Muhammad Soleh dari Bogordaily.net. Lalu, Bidang Hubungan Eksternal dipegang oleh Subagja Hamara dari Harapanrakyat.com, Nurhidayat dari Timesindonesia.co.id, dan Danny Ramdani dari Newinspirator.com.

Selain bidang-bidang, ada juga Badan Pegawas dan Pertimbangan, yang diketuai oleh Nuril Arifin dari Sukabumiupdate.com. Sementara anggotanya adalah Suwarjono dari Suara.com, Ir. Machroni Kusuma, MM dari Beritaindonesia.link, H. Dedi Muhtadi selaku mantan jurnalis Kompas, dan Teten Indra Abdillah, SE.

Adapun untuk Majelis Etik, diketuai Yusran Pare selaku Jurnalis Kompas Grup. Para anggotanya adalah Dr Dadang Rahmat Hidayat, SH, SSos, MSi selaku Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Padjajaran, H Ijang Faisal, SAg, MSi selaku Komisi Informasi Publik Jabar, serta Rahim Asyik selaku Profesional, Mantan Ketua AMSI Jabar.(trjb/kn)

LEAVE A REPLY