Yunus Junaedi (kanan) menjelaskan cara proses pembibitan pohon alpukat miki, Jumat (27/8/2021)
>

KORANNASIONAL.COM–Setelah roadshow ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, giliran Kota Depok disambangi Insan Tani dan Nelayan Indonesia (Intani), Jumat (27/8/2021).

Area pembibitan pohon alpukat mentega yang berlokasi di Jalan Haji Mustofa, Kelurahan Kukusan, Beji, mengundang daya tarik Intani untuk menelisik cara membudidayakannya. Pasalnya alpukat miki sangat dikenal.

Kehadiran Ketua Umum Intani Guntur Subagia beserta rombongan disambut hangat oleh pembudidaya alpukat miki, Haji Yunus Junaedi, dan mantan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, yang juga tokoh masyarakat setempat.

Guntur Subagja tidak menyangka jika Depok yang merupakan wilayah perkotaan memiliki perkebunan dan pembibitan pohon alpukat varietas mentega yang cukup luas, dan dikelola dengan baik dan profesional.

Alpukat yang dibudidaya Haji Yunus sejak tahun 2004 adalah alpukat unggul yang tahan serangan ulat, karena mengandung enzim anti hama. Oleh Haji Yunus, alpukat asli Depok ini dinamai Miki, akronim dari nama ibu dan ayahnya, Miah dan Kinan.

“Ini sangat luar biasa, puluhan tahun melakukan riset dan pembibitan, dan kini menghasilkan buah alpukat yang super unggul. Tak hanya unggul di rasa, tapi juga kualitas buah dan pohonnya,” ucap Guntur yang juga Staf Ahli Wakil Presiden RI, bidang Ekonomi dan Keuangan.

Saking tertariknya, Guntur menggagas perlunya Intani menggelar pelatihan budidaya alpukat miki bersama Haji Yunus, yang diperuntukkan bagi para petani dan calon petani milenial di Kota Depok.

Kiprah Haji Yunus, pensiunan PNS yang bangga menjadi petani, akan dikupas tuntas dalam web seminar Inspirasi Bisnis Intani ke-38 pada Rabu (8/9) mendatang.

Info pendaftaran peserta webinar bisa menghubungi: 0812-1131-1715.(amr)

LEAVE A REPLY