Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (foto: Istimewa).

KORANNASIONAL.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan sektor transportasi menjadi salah satu sektor yang mendukung kesetaraan terhadap kaum perempuan.

Ia mengatakan hal ini terlihat dari banyaknya perempuan yang telah menggeluti profesi di sektor transportasi yang biasa identik dengan laki-laki, seperti pilot, sopir, pelaut, hingga kondektur wanita.

“Saat ini, perempuan memiliki kebebasan untuk memilih karir, bahkan pekerjaan yang dahulu identik dengan laki-laki saat ini juga sudah banyak digeluti oleh perempuan. Beberapa bisnis di sektor transportasi bahkan dipimpin oleh perempuan. Hal ini menandakan bahwa kesetaraan terhadap perempuan sudah terjadi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (21/4/21).

Oleh karena itu, lanjut Budi, perempuan harus merasa sejajar, merasa mampu, dan bisa meningkatkan kapasitas sebagai perempuan yang terus bergerak maju, bebas, dan merdeka.

Selain itu, Menhub menekankan kepada para taruni untuk selalu belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil maksimal serta menjadi orang yang berhasil dan menjadi kebanggaan keluarga, bangsa dan negara.

“Adik-adik taruni adalah para perempuan terpilih yang telah berkesempatan mengenyam pendidikan di sektor transportasi dan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan Indonesia. Buktikan bahwa dalam proses pendidikan, kalian merupakan figur yang sangat diperhitungkan, dan memiliki daya saing yang tinggi,” katanya.

Maka dari itu, kesetaraan terhadap kaum perempuan adalah berkat perjuangan dan kegigihan dari mendiang Raden Ajeng Kartini, yang mampu menginspirasi perempuan untuk bangkit dan menjadi bagian penting dalam hidup, dan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki baik dalam aspek pendidikan maupun karir. (ud/ed).