Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin (foto: Instagram/@budigsadikin).

KORANNASIONAL.COM– Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia yang digelar Ciputra Residence di Mal Ciputra Tangerang bersama Pemkab Tangerang memberikan kemudahan masyarakat dan mendorong tumbuhnya ekonomi dari kegiatan belanja.

“Ini sangat bagus sekali karena membantu Lansia sebab akses, fasilitas dan ruang yang besar sehingga memberikan kenyamanan saat vaksinasi dan mendorong pergerakan ekonomi,” kata Menkes Budi usai memantau kegiatan vaksinasi bagi Lansia di Mal Ciputra Tangerang Sabtu, (27/3/21).

Menkes melakukan pemantauan bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Budiarsa Sastrawinata selaku Presiden Direktur Ciputra Residence, Kapolres Kota Tangerang dan Forkopimda lainnya.

Usai meninjau, Menkes mengatakan telah berkoordinasi dengan Bupati Tangerang mengenai penambahan jumlah dosis vaksin yang diberikan agar masyarakat yang divaksinasi semakin banyak. Namun, hal tersebut harus disiapkan seperti fasilitas yang digunakan juru vaksin.

“Kita mulai kegiatan ini yang terpusat di fasilitas kesehatan, namun karena target terus bertambah dari 10.000 menjadi 100.000 penerima vaksin dan pekan lalu mencapai 500.000 per sehari. Kita butuh kolaborasi seperti di pusat belanja seperti ini,” ujarnya.

Kegiatan di pusat belanja dan aula adalah bentuk kerjasama dengan asosiasi yang juga mendorong tumbuhnya ekonomi. “Jika dahulu datang karena ingin ke bioskop dan makan. Sekarang datang karena divaksinasi dan belanja. Ini juga bagian dari pemulihan ekonomi,” katanya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pihaknya siap menyelenggarakan vaksinasi dengan jumlah berlipat dari awal yang dicanangkan. Kerjasama yang telah dilakukan Pemkab Tangerang bersama pihak swasta, yakni pengelola Mal Ciputra.

“Masih banyak masyarakat yang belum divaksinasi. Kita terus upayakan kerjasama dengan fasilitas di luar kesehatan, namun tetap mengacu protokol kesehatan dan aturan berlaku,” katanya. (ud/ed).