Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (foto: Istimewa)

KORANNASIONAL.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan pers berperan penting dalam mencerdaskan bangsa. Ia mengajak jurnalis untuk berantas tindakan korupsi.

“Jurnalis dan insan pers bukan sekadar menyampaikan informasi tapi jauh dari itu, peran wartawan adalah mewujudkan tujuan negara yakni mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Firli dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu (28/3/21).

Pernyataan itu disampaikannya di sela pengukuhan Pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh periode 2020-2025 yang diketuai Hendro Saky oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa.

Firli menjelaskan dalam menghadapi persaingan dan keterbukaan publik serta kemajuan teknologi dunia tanpa batas, media umumnya dan JMSI khususnya harus menjunjung tinggi profesi dan etika jurnalistik serta tata cara distribusi berita sehingga tidak mengandung ujaran kebencian.

Ia juga berharap JMSI dapat mengutamakan kepentingan negara, rakyat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan organisasi. “Pesan saya lakukan tugas dan fungsi pokok dengan baik, sehingga tujuan negara bisa diwujudkan,” katanya.

Pengukuhan pengurus JMSI Aceh yang dirangkai dengan seminar nasional dengan tema Dana Otsus, Kemiskinan Aceh dan Peran Media Siber dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, turut dihadiri Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Wakil Ketua DPRA Safaruddin, dan unsur forkopimda lainnya serta pejabat lainnya. (ud/ed).