DEPOK – Dalam Debat Publik Calon Walikota Depok kedua di Kompas TV, Senin (30/11), Afifah Alia mendoakan paslon no urut 2 Mohammad Idris yang tengah positif Covid-19 agar lekas sembuh. Tapi, dia menegaskan pentingnya protokol kesehatan untuk dipatuhi.

“Saya mendoakan agar pak Idris lekas pulih, dan semoga ini menjadi pelajaran buat kita semua bahwa penting protokol kesehatan untuk ditaati,” ujar Afifah.

Komentar Afifah ini seakan menjadi sinyal bahwa setiap pemimpin harus menjadi contoh yang baik. Termasuk dalam hal mentaati protokol kesehatan dalam setiap kegiatannya agar tidak terinfeksi covid-19. Sementara seperti diketahui dalam kegiatannya bertemu dengan Habib Riziek Shihab (HRS), Idris telah melanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker dan tidak jaga jarak.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD kota Depok, Hendrik Tangke Allo meyakini Idris sudah terinfeksi beberapa hari sebelum melaksanakan debat pertama pekan lalu. Ini beralasan karena beberapa hari sebelum debat pertama Idris bertemu dengan HRS di Petamburan.

“Pelaksanaan debat itu tanggal 22 November, lalu Idris melakukan test swab pada 25 November. Jika menghitung masa inkubasi virus corona, saya berkeyakinan Idris sudah terinfeksi sebelum hadiri debat,” kata Hendrik.

Seperti diketahui masa inkubasi adalah periode sejak seseorang terpapar infeksi hingga muncul tanda atau gejala penyakit yang ditimbulkan. Masa ini sangat penting diketahui dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Orang yang tak sadar dirinya terinfeksi sehingga tak muncul gejala akan dengan mudah menulari orang lain selama masa inkubasi. Karena itulah penting untuk mematuhi aturan jaga jarak guna mencegah penularan.

Menurut juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, masa inkubasi Covid-19 di Indonesia adalah 5-6 hari. Pernyataan ini diungkapkan dalam konferensi pers pada Jumat, 10 April 2020 lalu, di Graha Badan Penanggulangan Bencana Nasional.

Dengan demikian, kasus positif covid-19 yang dilaporkan pada tanggal 25 November, sebetulnya merupakan kasus infeksi yang terjadi 5-6 hari sebelumnya.

Berdasar keterangan diatas, maka sebuah pertanyaan besar jika status positif Covid-19 yang diderita calon walikota Depok Mohammad Idris dinyatakan terinfeksi setelah melakukan debat kandidat pilkada di salah satu TV swasta di Jakarta.