DEPOK – Berobat gratis jadi salah satu jargon calon Walikota dan wakil, Pradi Supriatna – Afifah Alia. Syaratnya cuma satu: tunjukkan KTP Depok!

Program tersebut diharap dapat membantu masyarakat yang selama ini kesulitan saat berobat. Apalagi buat mereka yang tidak memiliki BPJS. Jika pasangan calon nomor urut 1 memenangkan Pilkada Depok pada 9 Desember mendatang, program ini jadi prioritas.

Artis Rizal Djibran acungi jempol program ini. Menurutnya, program seperti itu sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi masyarakat yang kelas bawah yang tidak mampu berobat ke rumah sakit.

Rizal yang juga pemain sinetron laga mengungkapkan, berkaca dari negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi dan negara maju di Eropa, sudah menerapkan berobat gratis masyarakat yang biayanya ditanggung oleh Pemerintah.

Namun ada juga masyarakat yang membayar sesuai nilai-nilai biaya tertentu atau penyakit tertentu. Menurutnya subsidi negara itu memang harus ada dalam hal kesehatan.

“Seperti yang kita tahu sudah ada BPJS dan lainnya bahwa masyarakat hanya membayar yang sangat rendah bisa mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal itu harus kita pertahankan,” ujar Rizal Djibran.

Rizal mengapresiasi program kesehatan tersebut semuanya bisa diterapkan di setiap wilayah Indonesia termasuk Depok.

Mengenai gratis berobat, Rizal menanyakan sejauh mana gratisnya apa hanya sakit yang ringan apa berat. Intinya berobat gratis tambah Rizal lebih baik difokuskan untuk masyarakat tak mampu atau yang jatuh miskin.

Kalo bisa program berobat gratis jangan sampai dibuat hanya saat Pilkada saja. Tapi bisa berlaku berkesinambungan meski pemimpinnya berganti yang lain.

“Mudah-mudahan bagi calon pemimpin dan yang terpilih membuat program semua berkesinambungan berkelanjutan semuan hanya untuk masyarakat,” pungkas Rizal Djibran.*sur