Foto: Istimewa

SURABAYA – PT PAL Indonesia menyerahkan Kapal Perang Rumah Sakit jenis Landing Platform Dock (LPD) 124 dengan nama KRI Semarang pesanan TNI AL, sebagai bagian melengkapi armada militer multi tugas yang mampu mendukung tugas nonmiliter.

Penyerahan dilakukan di Dermaga Divisi Kapal Niaga, PT PAL Indonesia, Kawasan Ujung Tanjung Perak, Surabaya, Senin, 21 Januari 2019. Direktur Utama PT PAL Indonesia, Budiman Saleh mengatakan kapal yang diproduksi insan PAL Indonesia ini telah melalui tahap pengecekan dan serangkaian pengetesan yang ketat.

“Setelah melalui tahapan ‘sea trial’ yang dilaksanakan tiga hari, kemudian dilanjutkan dengan Commodorre Inspection, kapal ini telah teruji kualifikasinya,” tutur Budiman.

Ia mengatakan, dengan sumber daya yang ada, PT PAL Indonesia selalu siap untuk pesanan selanjutnya, dan tidak akan henti-hentinya melakukan transformasi untuk pasar kapal kombatan.

Dikatakannya, proses produksi kapal sudah sesuai dengan rencana yang ditetapkan, dengan adanya penambahan fungsi khusus yang akan melengkapi tugas kapal ini ke depannya. Sebelumnya, kapal perang rumah sakit ini proses pengerjaannya dilakukan selama 23 bulan dengan fasilitas dua kapal pengangkut kecil atau “Landing Craft Utility” (LCU) dan total daya angkut 700 penumpang.

Kapal ini memiliki kecepatan sebesar 16 knot dengan mesin pendorong sebesar 2 x 2920 KW dan mampu bertahan selama 30 hari di laut serta bisa mengangkut tiga helikopter dan dua kapal LCVP.

KRI ini juga dilengkapi Landing Craft Utilities (UCL) yang mampu mengangkut 8 unit kendaraan tempur anoa, 28 truk, dan 3 helikopter.

KRI Semarang-594 memiliki spesifikasi panjang 124 meter, lebar 21,8 meter, dengan berat 72 ton. Kapal ini mampu mengangkut hingga 700 prajurit, dan akan dikirim bergabung dengan Koarmada I.

Sementara itu, dengan adanya tambahan satu kapal perang rumah sakit, melengkapi armada TNI AL yang sebelumnya hanya memiliki satu kapal perang rumah sakit, yakni KRI dr Soeharso.

Kapal perang KRI Semarang (SMG)-594 bikinan bangsa sendiri itu akan diserahkan kepada TNI AL hari ini, Senin (21/1/2019).

Informasi yang diterima, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji akan memimpin jalannya serah terima alutsista TNI AL tersebut. Upacara akan digelar di Galangan kapal PT PAL di Dermaja Ujung, Koarmada II Surabaya.

KRI Semarang-594 merupakan kapal perang ketiga yang dipesan TNI AL. Sebelumnya KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593 sudah lebih dulu dikirim. (kn1)