JAKARTA – Tetap berkegiatan rutin dan santai. Begitulah cawapres nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin, menjelang Debat Capres-Cawapres. Ia masih beraktivitas seperti biasa yakni menerima tamu di kediamannya serta berkumpul dengan keluarga.

“Saya memang latihan, tapi tidak ada persiapan khusus,” kata KH Ma’ruf Amin kepada pers di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Rabu.

Ma’ruf Amin mengatakan hal itu ketika ditanya soal persiapan menghadapi Debat Capres-Cawapres yang akan diselenggarakan KPU, di Jakarta, Kamis (17/1) malam.

Menurut Ma’ruf Amin, dirinya masih beraktivitas seperti biasa yakni menerima tamu di kediamannya serta berkumpul bersama keluarga. “Ya tentu ada persiapan. Kita mempersiapkan diri lah. Tetapi debat itu bukan segala-galanya. Jadi, persiapannya biasa-biasa saja. Tidak ada persiapan yang khusus,” ujar Ma’ruf.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini menambahkan, dirinya telah biasa melakukan debat di lingkungan NU. Apalagi, saat  KH Ma’ruf Amin menduduki jabatan  sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU).

“Saya sering berdebat pada forum Bahtsul Masail, yakni forum diskusi antar-ahli keilmuan Islam, utamanya fikih, di lingkungan pondok pesantren yang berafiliasi dengan NU,” katanya.

Menurut Ma’ruf, di forum ini, berbagai macam persoalan keagamaan yang belum ada hukumnya, dibahas secara mendalam. “Di Bahtsul Masail dan di acara Debat Capres-cawapres substansinya sama saja debat, cuma beda adalah materi debatnya,” katanya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres yaitu, nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.(ant)