www.korannasional.com-Belgia akhirnya menjadi juara tiga Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-0. Gol Belgia diciptakan Thomas Meunier dan Eden Hazard.

Bermain di Stadion St Petersburg, Sabtu (14/7/2018), Inggris melakukan sejumlah perubahan di lini tengah dengan memasukkan nama Ruben Loftus-Cheek, Kieran Dier dan Danny Rose.

Sementara itu, Belgia tetap dengan skuat terbaiknya termasuk kembalinya Thomas Meunier di sayap kanan.

Belgia langsung menekan Inggris di awal babak pertama. Taktik yang diusung pelatih Belgia, Roberto Martinez ini berhasil. Belgia langsung unggul cepat di menit ke 4 lewat sontekan Meunier memanfaatkan assist Nacer Chadli. Skor Inggris vs Belgia 0-1.

Belgia kembali mendapat peluang lewat serangan balik di menit 11. Tapi tendangan Kevin De Bruyne masih ditahan kiper Inggris, Jordan Pickford dengan satu tangan.

Inggris berusaha membalas lewat set piece. Sundulan Harry Maguire hasil sepak pojok dengan mudah ditangkap kiper Belgia Thibaout Courtois.

Inggris kembali mendapat peluang mencetak gol. Tendangan Harry Kane di menit 24 belum menemui sasaran padahal bola yang disodorkan Raheem Sterling sudah sangat matang. Sebagai catatan, Kane belum mencetak gol dari perdelapan, perempat dan semifinal.

Bek Belgia Toby Alderweireld mendapat peluang di menit 34 tapi tendangannya melambung tipis dari gawang Pickford.

Hingga pluit akhir ditiup wasit Alireza Faghani asal Iran, skor tetap 1-0 buat Belgia di babak pertama.

Inggris harus lebih kreatif jika ingin mencetak gol di babak kedua. Serangan yang dibangun lewat Sterling dan kedua sayap masih terlalu gampang dibaca barisan pertahanan Belgia yang dikomandoi Vincent Kompany.

Sedangkan Belgia harus pintar mengeksekusi sejumlah peluang jika ingin menghabisi Inggris lebih cepat dan menjadi juara ketiga.

Masuk babak kedua, Inggris mengganti Sterling dengan Marcus Rashford, Danny Rose dengan Jesse Lingard. Kedua pemain tersebut tidak terlalu banyak berperan di babak pertama.

Inggris mulai banyak melakukan crossing ke kotak penalti di 15 menit pertama babak kedua terutama oleh Trippier, tapi taktik ini belum juga berhasil membuahkan gol.

Belgia melakukan pergantian pemain di menit 60. Romelu Lukaku diganti Dries Mertens untuk menambah kesegaran dan daya dobrak.

Inggris kembali mengandalkan set piece untuk mencetak gol. Di menit 73 sundulan Maguire melenceng tipis dari gawang Courtois.

Belgia melakukan serangan balik yang indah di menit 79 lewat satu-dua sentuhan, tapi sayang tendangan voli Meunier ditepis dengan brilian oleh tangan kanan Pickford. Skor Inggris vs Belgia 1-0.

Serangan balik Belgia kembali berbuah hasil. Pada menit 82, Eden Hazar menjebol gawang Pickford lewat sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan terobosan De Bruyne.