www.korannasional.com-Kemendagri menyatakan tidak ada masalah dalam skema penyaluaran tunjangan hari raya (THR) kepada aparatur sipil negara (ASN) daerah. Oleh karena itu, bagi pemda yang memiliki anggaran didorong agar membayarkan THR pada awal Juni ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam negeri (Kemendagri), Syarifuddin mengatakan pihaknya berkoordinasi baik dengan Kementerian Keuangan dalam hal penyaluran THR kepada ASN daerah.

“Kami koooridnasi tetap dibangun, bahkan sebenarnya Kemenkeu juga mendorong dengan mengeluarkan semacam surat untuk panduan bagi daerah dalam mengimplementasikan peraturan pemerintah,” katanya di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Dia menjelaskan dalam skema penyalurannya Kementerian Keuangan telah memberikan tata cara yang jelas, dan tidak terlalu mendesak pemerintah daerah untuk menyalurkannya bulan ini.

“Tapi kalau daerah ternyata tidak mampu menyalurkannya, kan masih ada ruang untuk dapat mengalokasikannya pada bulan berikutnya, tapi tentunya pemerintah pusat mendorong untuk THR ini, bila mungkin bisa dibayar pada minggu pertama Juni,” katanya.

Namun, dia menegaskan penyaluran THR secara garis besar tidak memiliki kendala yang berarti, karena tahun lalu pemerintah daerah juga menyalurkan THR dan gaji ke-13. “Hanya saja memang lebih besar, dan tahun ini ada termasuk tunjangan kinerja juga,” imbuhnya.(jbbi)