www.korannasional.com-Dinas Kesehatan Kota Tangerang akan tetap mengoperasikan 36 unit puskesmas di 13 kecamatan selama mudik Lebaran 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr Liza Puspadewi di Tangerang, Minggu (3/6/2018) mengatakan seluruh petugas di puskesmas telah diberikan pengarahan dalam membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, mulai dari obat – obatan maupun perawatan.

“Intinya, seluruh pelayanan di 36 Puskesmas akan seperti biasa termasuk saat mudik Lebaran nanti. Perawat dan dokter akan bertugas secara bergantian demi kenyamanan pemudik,” katanya.

Dijelaskan Liza, Pemerintah Kota Tangerang telah meningkatkan status pelayanan di sejumlah puskesmas. Saat ini ada 18 unit puskesmas yang melayani UGD 24 Jam.
Kemudian, ada 15 unit puskesmas yang melayani UGD 24 jam, dan persalinan. Lalu, ada empat unit puskesmas yang melayani UGD 24 jam, persalinan dan rawat inap.

Seluruh puskesmas tersebut, lanjutnya, akan menjadi penanganan awal bagi pemudik yang membutuhkan perawatan sebelum dibawa ke rumah sakit, jika memang dalam kondisi gawat darurat.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan pun telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, kepolisian dan TNI dalam memberi pelayanan kepada pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Intinya, seluruh puskesmas sudah siap dan memberikan pelayanan. Kami sebagai tempat penanganan awal, siap melayani kebutuhan pemudik maupun masyarakat lainnya yang membutuhkan penanganan medis,” paparnya.(ant)