www.korannasional.com-Prancis menggasak Italia dengan skor 3-1 dalam pertandingan uji coba menjelang berlangsungnya putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli mendatang.

Raihan hasil bagus itu sekaligus mengirim pesan kepada rival-rivalnya di perhelatan akbar di Rusia nanti bahwa skuat asuhan Didier Deschamps itu layak digadang-gadang sebagai salah satu kandidat juara.

Dalam pertandingan di Stadion Allianz Riviera di Nice, Prancis, pada Sabtu dini hari WIB (2/6/2018), Samuel Umtiti membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-8.

Pemain yang sehari-hari merumput bersama klub La Liga Spanyol FC Barcelona itu melepaskan bidikan jarak pendek dengan memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Kylian Mbappe yang sempat ditahan kiper Italia Salvatore Sirigu.

Pada menit ke-29 Antoine Griezmann dengan dingin sukses menggandakan keunggulan tuan rumah melalui eksekusi penalti. Wasit asal Inggris Anthony Taylor menetapkan hukuman tersebut setelah gelandang Italia Rolando Mandragora melanggar Lucas Hernandez.

Berselang 7 menit kemudian bek Italia Leonardo Bonucci berhasil memberikan satu-satunya gol balasan tim tamu dengan menuntaskan serangan yang bermula dari tendangan bebas Mario Balotelli.

Skor 2-1 bertahan hingga turun minum setelah satu tendangan Ousmane Dembele gagal menambah gol untuk Prancis karena hanya menghantam mistar gawang Italia.

Pada babak kedua, Prancis mampu melesakkan satu lagi gol tambahan, kali ini Dembele, juga pemain FC Barcelona, sukses menjebol gawang Sirigu, pada menit ke-63.

Laga ini merupakan yang kedua bagi Italia di bawah arahan pelatih baru Roberto Mancini. Dalam pertandingan perdananya pada Selasa dini hari WIB (29/5/2018), skuat berjuluk Gli Azzurri menang 2-1 atas salah satu wakil Asia ke Piala Dunia 2018, Arab Saudi.

Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Swedia di playoff kualifikasi zona Eropa. Kegagalan lolos ke putaran final Piala Dunia ini merupakan yang pertama kali mereka alami sejak edisi 1958 yang ironisnya ketika itu digelar di Swedia, tim yang sekarang menyingkirkannya.

Sementara itu, Prancis akan bertarung di Grup C di Rusia bulan depan, berebut dua tiket dengan Denmark, Australia, dan Peru. Mbappe dan kawan-kawan akan menjalani satu laga uji coba lagi sebelum berjuang di Rusia yakni melawan Amerika Serikat, yang gagal lolos ke putaran final Piala Dunia kali ini.

Sumber : Reuters