www.korannasional.com-Persib Bandung harus menelan pil pahit setelah dikalahkan 0-1 oleh Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung, Kamis (31/5/2018) malam.

Gol semata wayang Bhayangkara FC tercipta pada menit ke-54 melalui gol bunuh diri Jonathan Bauman yang gagal mengantisipasi bola liar hasil sepakan sudut Lee Yun-jun.

Pada pertandingan kali ini, Persib kehilangan empat pemain kuncinya seperti Ezechiel N’douassel dan kapten tim Supardi Nasir yang mendapatkan hukuman akumulasi kartu kuning, serta Victor Igbonefo dan Febri Hariyadi memenuhi panggilan Timnas.

Hingga setengah jam babak pertama, kedua tim seolah kesulitan dalam mengembangkan permainan terbaiknya. Bahkan tuan rumah seolah kebingungan saat melakukan serangan.

Tekanan ketat yang ditampilkan Bhayangkara FC, membuat para pemain tim Maung Bandung kesulitan menembus pertahanan The Guardian yang dimotori Vladimir Vujovic.

Disiplinnya lini pertahanan Bhayangkara membuat para pemain Persib sering melepaskan tendangan di luar kotak penalti. Tercatat, tiga kali tendangan yang berhasil dilepaskan, namun tidak ada satupun yang benar-benar membahayakan gawang Wahyu Tri Nugroho.

Airlangga Sucipto yang menggantikan posisi Ezechiel pun seolah kebingungan dan belum bisa memberikan kontribusi yang bisa mengancam Bhayangkara.

Sementara di kubu lawan, mereka hanya mengandalkan serangan balik melalui dua pemain sayapnya. Serupa seperti Persib, Bhayangkara sering melakukan kesalahan mendasar saat menyerang, sehingga membuat serangan mudah dipatahkan.

Tak ada ancaman berarti yang dilakukan Bhayangkara FC ke gawang Muhammad Natshir. Hingga babak pertama berakhir, papan skor tetap tidak berubah 0-0.

Pada babak kedua, masing-masing tim masih menerapkan skema yang sama seperti pada paruh pertama. Kedua tim masih belum meningkatkan intensitas serangannya dan memilih menunggu hingga salah satu tim membuat kesalahan.

Publik Bandung dikejutkan dengan gol bunuh diri yang dilakukan Jonathan Bauman. Pemain asal Argentina tersebut tidak bisa mengantisipasi bola liar tendangan sudut Lee Yun-jun pada menit 54.

Usai gol tersebut, pelatih Persib, Mario Gomez, langsung bereaksi dengan memasukkan tenaga baru yakni Agung Mulyadi dan Tony Sucipto menggantikan Henhen Herdiana dan Billy Keraf yang tidak memberikan kontribusi di babak pertama.

Pada menit ke-62, Bhayangkara FC terpaksa bermain dengan 10 orang, setelah penyerang Marinus Manewar mendapat kartu kuning kedua.

Meski melawan 10 orang, Persib masih kesulitan dalam membongkar lini pertahanan Bhayangkara. Sebaliknya, The Guardian hampir menambah keunggulan jika saja sepakan Paulo Segio tidak menyentuh kaki kiper Muhammad Nathsir.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, skor tetap tidak berubah 0-1 untuk kekalahan Persib dari Bhayangkara FC. Ini merupakan kekalahan pertama tim Maung Bandung di kandang sendiri.(ant)