www.korannasional.com-Timnas Rusia, tuan rumah Piala Dunia 2018, mendapat pelajaran berharga setelah menyerah dari Austria, yang gagal lolos ke putaran final perhelatan akbar tersebut, dengan skor tipis 0-1 dalam pertandingan uji coba pada Kamis dini hari WIB (31/5/2018).

Bertarung di Stadion Rivoli di Innsbruck, Austria, satu-satunya gol kemenangan tuan rumah ke gawang Rusia yang dikawal kiper sekaligus kapten tim Igor Akinfeev dicetak oleh Alessandro Schopf pada menit ke-28 dengan memaksimalkan assist Marko Arnautovic.

Hasil ini meneruskan catatan buruk yang diterima tim asuhan pelatih Stanislav Salamovich Cherchesov yang juga dipaksa menelan dua kekalahan dalam laga uji coba pada Maret lalu yakni 0-3 dari Brasil dan 1-3 dari Prancis.

Hasil pada Maret itu mereka terima dari dua tim yang memang merupakan papan atas dalam kancah sepak bola internasional. Namun, kekalahan dari Austria, yang tak pernah menorehkan prestasi hebat apa pun, apalagi tak lolos ke Piala Dunia 2018, sungguh pelajaran yang penting bagi Rusia.

Sebagai tuan rumah, Rusia otomatis berada di Grup A dalam putaran final Piala Dunia 2018 yang digelar pada 14 Juni hingga 15 Juli.

Tim berjuluk Sbornaya (Tim Nasional) harus beradu dengan Uruguay, Mesir, dan Arab saudi untuk setidaknya finis di peringkat kedua klasemen akhir grup untuk lolos ke fase knock out atau 16 besar.

Jika tak berbenah serius, tersingkir tahap grup akan kembali Rusia rasakan sebagaimana yang mereka dapatkan saat bertindak sebagai tuan rumah Piala Konfederasi tahun lalu.

Ketika itu, Rusia kalah bersaing dengan Portugal dan Meksiko di Grup A dan gagal lolos ke semifinal dalam turnamen yang diikuti delapan tim.

Sebelum berjuang di Piala Dunia 2018, Rusia akan menjalani satu pertandingan uji coba lagi melawan Turki, yang sebagaimana Austria, juga gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Sementara itu, Austria kembali akan menjadi bahan uji coba tim kontestan Piala Dunia yakni dua kekuatan raksasa, Jerman dan Brasil.

Sumber : Reuters