www.korannasional.com-Rencana pertemuan antara pemimpin Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kian pasti setelah utusan khusus Kim berkunjung ke AS.

Lewat kicauan di akun Twitter-nya, Trump mengonfirmasi utusan khusus Kim mendatangi New York, Amerika Serikat, dalam rangka persiapan merencanakan pertemuan tingkat tinggi dengan pemimpin Korut tersebut.

“Kim Young Chol, Wakil Pemimpin Korea Utara, menuju New York sekarang. Respon yang kuat atas surat saya, terima kasih,” demikian kicauan Trump lewat akun Twitter-nya,@realDonaldTrump sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (30/5/2018).

Kim Yong Chol melakukan perjalanan ke New York lewat bandara di Beijing, China. Itu dilakukan setelah pertemuan dengan pejabat negara Tirai Bambu tersebut.

Perjalanan Kim Yong Chol adalah langkah diplomasi sebagai persiapan untuk menggelar pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un yang dijadwalkan digelar di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Sebelumnya, pertemuan kedua pemimpin negara yang dijadwalkan di Singapura itu sempat dibatalkan pemimpin AS lewat sepucuk surat.

Setelah pembatalan rencana itu, dibuat kembali rencana untuk menggelar pertemuan Trump dan Kim Jong-un. AS pun mengirim tim ke Korut untuk persiapan pertemuan Trump-Kim.

Korut pun telah mengirim tim pendahulu ke Singapura untuk mempersiapkan pertemuan pemimpin negaranya dengan Trump di sana.(jbbi)