www.korannasional.com-Kolang kaling menjadi salah satu pilihan menu berbuka puasa yang banyak diburu. Ditambah dengan es, kolang kaling sangat menyegarkan untuk menghilangkan rasa haus dan lapar setelah berpuasa seharian.

Namun, tahukah Anda? Tidak hanya lezat, ternyata kolang kaling juga mengandung manfaat kesehatan bagi tubuh.

Ahli gizi klinis dr. Tan Shot Yet menjelaskan mengapa beberapa buah, termasuk kolang-kaling, baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

“Prinsipnya, buah-buahan tersebut kaya dengan kandungan air, selain memberi rasa segar dan manis aslinya buah,” ucapnya, seperti dilansir dari Tempo, Minggu (20/5/2018).

Apalagi, hal utama saat berbuka adalah merehidrasi tubuh terlebih dulu sebelum kemudian makan dengan porsi lebih besar. Rasa manis kolang kaling yang tidak berlebihan dan kandungan gulanya yang masih terikat dengan serat membuat kadar gula darah tubuh naik secara perlahan.

“Jadi, bukan kandungan gula yang sudah melalui proses, seperti dijus. Dengan begitu, kadar darah kita naiknya perlahan. Tidak melonjak drastis seperti minum cairan bergula atau jus kemasan,” ungkap dr. Tan.

Dilansir dari Articles of Health Care, tekstur kenyal dan padat pada buah kolang kaling ternyata mengandung serat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung dan pencernaan.

Serat kolang kaling dianggap dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan kolesterol yang berlebihan. Penyumbatan di arteri atau dikenal sebagai arteriosklerosis adalah penyebab munculnya penyakit jantung koroner.

Konsumsi kolang kaling juga dapat mengatasi sistem pencernaan yang buruk, yaitu dengan melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

Selain itu, kolang kaling juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti magnesium serta kalsium. Kandungan vitamin dan mineral ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sumber : Tempo