www.korannasional.com-Kepolisian Malaysia menyita 284 boks berisi tas buatan desainer dan lusinan tas berisi uang tunai serta perhiasan dari kediaman pribadi mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, Jumat (18/5/2018).

Ratusan boks itu dibawa keluar dari kondominium mewah Najib pada subuh. Polisi menerangkan boks-boks itu berisi perhiasan, jam tangan, dan barang berharga lainnya.

“Saya tidak bisa sebutkan tepatnya ada berapa banyak perhiasan karena tas-tas yang disita berisi perhiasan dan jumlahnya cukup banyak,” ujar Direktur Penyelidikan Kejahatan Perdata Kepolisian Malaysia Amar Singh, seperti ditayangkan stasiun televisi Star TV dan dikutip Reuters.

Dia mengatakan polisi telah melakukan penggeledahan di enam lokasi, termasuk kantor PM dan kediaman resmi PM di Putrajaya serta empat kediaman pribadi yang terkait dengan Najib.

Singh sebelumnya mengonfirmasi kepada Reuters bahwa penggeledahan yang dilakukan berhubungan dengan penyelidikan korupsi miliaran dolar AS di 1Malaysia Development Berhad (1MDB), sebuah BUMN Malaysia yang didirikan Najib.

Penyelidikan terhadap kasus korupsi ini juga sedang dilakukan oleh setidaknya enam negara lain, termasuk AS dan Swiss. Adapun Najib telah berkali-kali menyangkal keterlibatannya dalam kasus tersebut.

PM Malaysia Mahathir Mohamad, yang menggantikan Najib setelah koalisi Pakatan Harapan (PH) memenangkan Pemilu pada pertengahan pekan lalu, telah melarang Najib dan istrinya yaitu Rosmah Mansor untuk meninggalkan Malaysia.

Sumber : Reuters