www.korannasional.com-Anwar Ibrahim akhirnya resmi mendapat pengampunan dari Raja Malaysia dan keluar dari rumah sakit di Kuala Lumpur tempatnya mendapat perawatan selama beberapa waktu terakhir.

Anwar terlihat tersenyum dan melambaikan tangan kepada para pendukung yang menunggunya di luar rumah sakit, Rabu (16/5/2018). Seperti dilaporkan Reuters, dia terlihat mengenakan setelan jas hitam dengan dasi.

Anwar, yang sekarang berusia 70 tahun, dia didampingi keluarga, pengacara, dan sipir penjara sebelum masuk ke mobil untuk melaju ke istana. Rencananya, dia akan bertemu dengan raja.

“Dewan pengampunan sudah melakukan pertemuan dan raja telah memberikan pengampunan penuh, yang artinya semua tuduhan yang dijatuhkan telah dihapuskan,” terang pengacara Anwar, Sivarasa Rasiah.

Seperti diketahui, Anwar dipenjara atas tuduhan sodomi pada masa kepemimpinan Najib Razak. Anwar dan para pendukungnya menilai tuduhan tersebut merupakan upaya menghalangi karier politiknya.

Anwar digadang-gadang menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia selanjutnya menggantikan Mahathir Mohamad. Mahathir telah mengatakan dia hanya akan memegang jabatan PM selama 1-2 tahun sebelum menyerahkannya ke orang lain.

Mahathir juga menegaskan Anwar mesti mencari tempat di parlemen setelah dibebaskan dan mungkin mendapatkan tempat di kabinet. Tetapi, Anwar akan tetap mendapat porsi yang setara di koalisi dengan para pemimpin partai aliansi Pakatan Harapan lainnya.(jbbi)