www.korannasional.com-Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada 2.125 warga terdampak gempa bumi di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Purbalingga.

Jika dirinci, pemerintah akan memberikan bantuan uang sewa rumah sebesar Rp500.000 per bulan per rumah dan bantuan jatah hidup selama 3 bulan Rp10.000 per orang per hari.

Khusus untuk sewa rumah, Jokowi mengatakan bantuan akan diberikan selama enam bulan karena diperkirakan renovasi rumah korban terdampak bisa rampung dalam periode tersebut.

“Saya laporkan ada 2.125 pengungsi kemudian ada 465 unit rumah yang rusak, 144 rumah rusak berat, 125 rumah rusak sedang, dan 196 rusak ringan,” tambahnya ketika meninjau lokasi gempa di Desa Sida Kangen, Purbalingga, Senin (23/4/2018).

Kemudian dia menyebutkan ada 4 masjid, dua mushola rusak berat, dan 4 sekolah rusak berat. Saat ini, Jokowi mengungkapkan proses renovasi atau pembangunan infrastruktur terdampak sudah mulai dikerjakan.

“Kita butuh waktu 2 minggu sampai 1 bulan untuk persiapan material, perencanaan dan lain-lain. Kita harapkan dalam 2 minggu sampai 1 bulan sudah dikerjakan oleh BNPB dengan Kementerian PUPR,” ujarnya.

Dia juga merinci pembangunan infrastruktur terdampak dengan kondisi rusak berat dam sedang akan ditangani oleh pemerintah pusat. Sebaliknya, infrastruktur terdampak dengan kondisi rusak ringan akan ditangani pemerintah provinsi dan kabupaten.

Seperti diketahui, gempa bumi melanda Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara. Gempa ini terjadi pada Rabu, 18 April 2018 pukul 13.28 WIB.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden juga ingin memastikan penanganan dampak gempa dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, seperti bantuan santunan bagi korban meninggal, bantuan pelayanan kesehatan, ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi pengungsi, layanan pendidikan darurat, bantuan untuk anak-anak maupun pembangunan kembali fasilitas-fasilitas umum dan rumah warga yang rusak akibat gempa.(jbbi)