www.korannasional.com-Feyenoord Rotterdam menaklukkan tamunya AZ Alkmaar dengan skor telak 3-0 untuk mengangkat trofi Piala Belanda (KNVB beker) ke-13 kali sepanjang sejarah.

Dalam pertandingan di Stadion De Kuip di Rotterdam, markas Feyenoord, pada Senin dini hari WIB (22/4/2018), tiga gol tuan rumah dikontribusi Nicolai Jorgensen (28’), Robin van Persie (57’), dan Jens Toornstra pada injury time.

Bagi Van Persie, yang mencetak gol kedua dengan men-chip bola melewati kiper AZ Marco Bizot, ini merupakan gelar pertamanya di Belanda setelah kembali ke negaranya.

Penyerang berusia 34 tahun itu berpetualang ke Inggris dan Turki untuk bermain bersama Arsenal, Manchester United, dan Fenerbahce. Dia kembali ke negaranya pada bursa transfer Januari lalu.

Ini merupakan Piala Belanda edisi ke-100. Pencapaian 13 kali juara Feyenoord hanya kalah dari Ajax Amsterdam yang meraih trofi itu sebanyak 18 kali sejak pertama digelar pada 1898 atau 120 tahun silam.

Sementara bagi AZ, ini kegagalan dua kali beruntunj di final. Tahun lalu AZ menyerah di laga puncak dari Vitesse Arnhem dengan skor 0-2, juga di Stadion De Kuip, yang memang sejak 1988 memang selalu dijadikan venbue final kecuali pada 2010 di Amsterdam Arena.

AZ telah meraih titel juara Piala Belanda sebanyak empat kali, terakhir pada 2013, mengalahkan PSV Eindhoven di final.

PSV sendiri merupakan tim ketiga terbanyak mengoleksi trofi Piala Belanda yakni sembilan kali, terakhir pada 2012 dengan menaklukkan Heracles Almelo 3-0 di final.

Sumber: Eredivisie.nl & Football Oranje