www.korannasional.com-Crown Group, perusahaan pengembang berbasis di Sydney, mengungkapkan faktor lokasi menjadi yang utama selain reputasi pengembang dan desain bangunan. Lokasi menjadi hal yang sangat menentukan dalam tinggi rendahnya keuntungan investasi di masa mendatang.

Pendiri Crown Group, Iwan Sunito mengatakan daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi.

“Kawasan pinggiran akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga akan lebih terukur,” katanya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (20/4/2018).

Faktor selanjutnya adalah kedekatan, demografi, kondisi pasar, fasilitas umum, pertumbuhan harga, serta daya sewa di daerah tersebut.

Ia memberikan ilustrasi mengenai proyek selanjutnya dari Crown Group di kawasan Eastlakes di suburb timur, sekitar 6 km dari CBD Sydney, bandar udara domestik dan pantai Coogee.

Meskipun terletak di daerah suburb, Eastlakes juga dekat dengan daerah-daerah popular di Sydney. Demografis Eastlakes juga sangat menarik, karena 46% dari total populasi terdiri dari usia produktif yaitu 20 hingga 34 tahun, sehingga tingkat populasi sewanya mencapai 47% atau lebih tinggi dibandingkan tingkat sewa rata-rata di Negara bagian New South Wales yang berkisar 28%.

“Hal ini dapat terlihat dari peningkatan biaya sewa di Eastlakes selama 5 tahun terakhir yang mencapai 21% atau rata-rata 4% per tahun dengan tingkat kekosongan sewa yang mencapai 1,5%,”imbuhnya.

Kondisi demografis tersebut memberi gambaran bahwa kebutuhan akan apartemen juga kuat di kawasan Eastlakes.

Sebagai tambahan informasi, kawasan suburb timur Sydney lebih diminati jika dibandingkan kawasan suburb barat, salah satunya karena dikelilingi institusi-institusi pendidikan terkemuka di Sydney seperti UNSW, University of Sydney dan UTS.(jbbi)