www.korannasional.com-Manchester City kian dekat dengan gelar juara Liga Primer setelah menaklukkan tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-34 pada Minggu dini hari WIB (15/4/2018).

Dalam pertandingan di Stadion Wembley di London, ManCity menghentikan rekor 14 pertandingan beruntun tanpa kalah Spurs di ajang liga. Terakhir Spurs kalah juga dari ManCity dengan skor 1-4 di Stadion Etihad di Manchester pada Desember tahun lalu.

Kali ini, di hadapan lebih dari 80.000 penonton, ManCity menunjukkan kelasnya masih berada di atas Spurs dengan menjaringkan dua gol pada babak pertama hanya dalam rentang 3 menit melalui Gabriel Jesus (22’) memanfaatkan umpan panjang kapten Vincent Kompany dan penalti Ilkay Gundogan (25’).

Penalti diberikan wasit Jonathan Moss setelah kiper Spurs Hugo Lloris dianggap menjatuhkan penyerang City Raheem Sterling di dalam kotak terlarang. Namun, tayangan ulang televisi memperlihatkan bahwa insiden tersebut terjadi di luar kotak penalti.

Spurs sempat memperkecil skor 4 menit menjelang babak pertama berakhir melalui kontribusi Christian Eriksen sehingga skor ketika turun minum 1-2 untuk keunggulan tim tamu.

Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-72, ManCity memulihkan keunggulan selisih dua gol setelah Raheem Sterling sukses menaklukkan kiper Hugo Lloris sehingga skor akhir 1-3 untuk kemenangan anak asuh Pep Guardiola.

Dengan kemenangan ini, ManCoty telah mengoleksi 87 angka, ungguyl 18 poin dari peringkat kedua yang merupakan rival sekota, Manchester United, yang belum memainkan pertandingan pekan ke-34 melawan West Bromwich Albion.

Jika MU takluk dari West Brom di Old Trafford, City dipastikan juara. Namun, berdasarkan hitungan di atas kertas, nyaris mustahil West Brom yang berada di dasar klasemen mampu menaklukkan MU di markasnya. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pesta juara City tertunda hingga pekan ke-35.

Dalam pertandingan lainnya, Liverpool makin dekat kepada kepastian menggenggam tiket Liga Champions Eropa musim depan dengan mengamankan posisi ketiga setelah menghancurkan AFC Bournemouth dengan skor 3-0.

Ketiga gol tuan rumah berjuluk Si Merah dalam pertandingan di Stadion Anfield dikontribusi Sadio Mane (7’), Mohamed Salah (69’), dan Roberto Firmino (90’).

Kini Liverpool menuai nilai 70 di posisi ketiga, unggul 3 angka dari Spurs, dan berjarak 10 angka dari juara bertahan Chelsea—yang telah dipastikan kehilangan gelar—tapi secara  matematis masih bisa finis di posisi ketiga.

Empat tim teratas dalam klasemen akhir mendapat tiket ke Liga Champions. Dengan demikian, dua kemenangan lagi cukup bagi Liverpool untuk memastikan tak tergapai kejaran Chelsea dan memastikan tiket Liga Champions dalam genggaman.

Hasil pertandingan pekan ke-34 hingga Minggu pagi WIB: Southampton 2 vs Chelsea 3; Burnley 2 vs Leicester City 1; Crystal Palace 3 vs Brighton & Hove Albion 2; Huddersfield Town 1 vs Watford 0; Swansea City 1 vs Everton 1; Liverpool 3 vs Bournemouth 0; Tottenham Hotspur 1 vs Manchester City 3.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 15 April:

19:30   Newcastle United vs Arsenal

22:00   Manchester United vs West Bromwich Albion

Selasa, 17 April:

02:00   West Ham United vs Stoke City.

Sumber: Reuters