www.korannasional.com-Tidak diunggulkan, klub asal Italia, AS Roma, mampu menghancurkan Barcelona FC dengan skor telak 3-0 di leg kedua perempat final Liga Champions sekaligus menyingkirkan klub raksasa asal Spanyol itu dari Liga Champions, yang digelar di Stadion Olympico, Roma, pada Selasa (10/4/2018) atau Rabu (11/4/2018) di Olympico Stadium. Roma lolos ke semifinal.

Barcelona kalah gol tandang. Di leg pertama, AS Roma kalah 1-4, meski hasil aggregate kedau tim menjadi 4-4, Roma berhak lolos karena gol tandang di kandang Barcelona, Camp Nou pekan lalu.

Roma baru saja menciptakan salah satu kejutan paling spektakuler dalam sejarah Liga Champions UEFA. Datang kembali dari defisit tiga gol  tidak mudah – ini telah dicapai hanya dua kali sebelumnya – tetapi untuk melakukannya melawan Barcelona, salah satu favorit untuk menang tahun ini, luar biasa. Dan siapa yang mengatakan mereka tidak pantas mendapatkannya – tidak hanya malam ini, tetapi juga di atas dua leg, di mana mereka lebih unggul.

AS Roma langsung menggebrak pertarungan. Keinginan untuk membalas kekalahan 1-4 di leg pertama, Roma terus menggempur dan pada menit keenam, Dzeko mampu memecah kebuntuan AS Roma. Dia memanfaatkan umpan De Rossi. Gol itu gol ketiga Deko di empat pertandingan terakhir  Roma di UEFA Champions League  – dan keenam di kompetisi musim ini.

Menit ke-58, kapten tim AS Roma, De Rossi memperbesar kemenangan  dari titik putih pinalti. Dan, Manolas, memperbesar keunggulan AS Roma menjadi 3-0 pada menit ke-82.

Menit 16, Raja Nainggolan (Roma) punya peluang, tetapi gagal. Tendangannya melebar dari gawang Barcelona. Umpan dari  Dzeko di sebelah kanannya dan pemain asal Belgia mencoba peruntungannya kali pertama dengan tendangan voli kaki kanan, tetapi ia hanya berhasil menyeret tendangannya tanpa bahaya, melebar.

AS ROMA: 1 Alisson Becker (GK) 4 Radja Nainggolan 5 Juan Jesus 6 Kevin Strootman 9 Edin Deko 11 Aleksandar Kolarov 14 Patrik Schick 16 Daniele De Rossi (C) 20 Federico Fazio 24 Alessandro Florenzi 44 Kostas Manolas

BARCELONA: 1 Marc-André ter Stegen (GK) 2 Nélson Semedo 3 Gerard Piqué 4 Ivan Rakiti 5 Sergio Busquets 8 Andrés Iniesta (C) 9 Luis Suárez 10 Lionel Messi 18 Jordi Alba 20 Sergi Roberto 23 Samuel Umtiti.

 

Sumber : uefa.com