www.korannasional.com-Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Sigit Widiatmoko mengusulkan penerapan pembatasan kendaraan dengan skema ganjil-genap di ruas tol dalam kota.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi dampak kemacetan pada saat Asian Games 2018 Agustus mendatang.

“Kami usulkan pemberlakukan ganjil-genap di seluruh jaringan tol dalam kota untuk kendaraan pribadi. Itu usulan selama gelaran Asian Games,” katanya di Balai Kota DKI, Jumat (6/4/2018).

Selain penerapan ganjil-genap di jalan tol dalam kota, dia memaparkan ada paket kebijakan yang tengah disiapkan oleh Dishubtrans DKI dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Kebijakan lain yang disiapkan a.l. buka tutup di ruas tol maupun non-tol selama gelaran Asian Games, pembatasan kendaraan angkutan barang atau truk mulai pukul 22.00 wib-05.00 wib di beberapa jalan tol, dan ganjil-genap di tol Cibubur dan Tangerang.

“Sementara ini, akan BPTJ akan melakukan uji coba ganjil-genap di jalan tol Cibubur pada 16 April. Untuk Tangerang akan menyusul,” ucapnya.

Meski demikian, Sigit belum bisa memastikan kapan paket kebijakan tersebut dapat diterapkan. Pasalnya, Pemprov DKI tetap menunggu keputusan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkait hal ini.(jbbi)