www.korannasional.com-Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengabulkan semua gugatan yang dilayangkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok untuk menceraikan isterinya, Veronica Tan, serta memberikan hak asuh anak kepada Ahok.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Sutaji mengatakan pengadilan telah memanggil pihak Veronica sebanyak dua kali secara sah dan patut untuk menghadiri sidang gugatan perceraian, tapi tetap tidak hadir hingga sidang dengan agenda putusan cerai digelar, Rabu (4/4/2018).

Menurutnya, berdasarkan semua fakta persidangan yang disampaikan pihak Ahok selama sidang gugatan perceraian, Majelis Hakim mengabulkan semua gugatan Ahok yaitu menceraikan Veronica sekaligus memberikan hak asuh anak kepada Ahok.

“Menyatakan tergugat tidak pernah hadir meskipun telah dipanggil secara sah dan patut dan mengabulkan gugatan penggugat secara keseluruhan,” tutur Sutarji.

Selain itu, Veronica juga dihukum untuk membayar penuh biaya perkara sidang perceraian sebesar Rp476.000‎. Dia melanjutkan perkawinan antara Ahok dan Veronica berdasarkan fakta perkawinan nomor 3279/I/1997 tertanggal 17 Desember 1997 telah putus karena perceraian dengan segala akibat hukumnya.

“‎Memerintahkan panitera untuk menyerahkan salinan putusan perceraian kepada kantor dinas kependudukan dan catatan sipil Provinsi DKI Jakarta untuk dicatatkan pada register yang berjalan dan memberikan akte perceraian tersebut kepada penggugat dan tergugat,” tambah Sutarji.(jbbi)