www.korannasional.com-Jalur jalan nasional dari arah Cianjur menuju Bogor dan sebaliknya ditutup lagi, Kamis (29/3/2018), akibat longsor di Puncak Pass.

Titik putus adalah ruas jalan di jalur Puncak Pass, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ruas di jalur tersebut ambrol sehingga tak bisa dilewati kendaraan, terutama mobil.

Pergerakan tanah yang mengakibatkan bahu jalan ambrol terjadi diawali dengan rekahan sepanjang 150 meter dengan lebar 50 centimeter sejak Rabu (28/3) pukul 04.00 WIB hingga siang.

Kemudian, pada malam harinya, tepatnya pukul 20.00 WIB, bahu jalan yang rekah itu akhirnya longsor sehingga ruas jalan nasional tersebut tinggal tersisa setengahnya dan tak bisa dilewati kendaraan, khususnya mobil. Namun, untuk mengantisipasi keselamatan, polisi menutup Jalur Puncak dari arah Cianjur menuju Bogor dan sebaliknya, kecuali sepeda motor.

Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cianjur Ajun Komisaris Rendy Setia Permana menjelaskan personel kepolisian sebelumnya sudah berada di lokasi karena sedang dilakukan perbaikan beronjong. Menurut dia, ternyata ada pergeseran tanah lagi sehingga penahan yang sedang dibangun kembali amblas.

“Kejadiannya pergeseran tanah saja. Sehingga penahan jalan ambles,” ungkapnya, seperti dilansir dari Tempo.co.

Rendy menambahkan untuk pengamanan Jalur Puncak, pihaknya mengerahkan personel secara maksimal, terutama menghadapi long weekend.

“Kami lakukan sosialisasi kepada warga yang mau berlibur ke Puncak dan Cipanas tetap bisa, tapi dari arah Bogor tetap tidak bisa lewat karena di Gunung Mas ditutup,” terangnya.(jbbi)