www.korannasional.com-Fabio Capello meninggalkan posisinya sebagai pelatih klib Liga Super China Jiangsu Suning setelah mengawal tim tersebut untuk tiga pertandingan saja memasuki musim baru ini.

Pelatih veteran berusia 72 tahun tersebut, yang juga mantan gelandang Timnas Italia era 1970-an, mulai menukangi klub China itu pada Juni tahun lalu dan membantu tim selamat dari jurang degradasi.

Ketika itu, Jiangsu Suning finis di peringkat ke-12 dari 16 tim peserta, tetapi kini mereka menelan dua kekalahan dan satu kali menang dari tiga laga awal musim berjalan ini, sehingga Capello mesti pergi.

“Setelah kedua pihak bernegosiasi, kontrak antara Fabio Capello dan Suning FC harus berakhir lebih cepat dan Tuan Capello tak lagi menjadi pelatih kepala,” demikian pernyataan resmi klub tersebut pada Rabu (28/3/2018).

Meski demikian, pernyataan itu menyebutkan bahwa Capello akan meneruskan kerja sama dengan Suning Soccer—pemegang saham klub tersebut—untuk memberikan nasihat dan saran untuk membantu Suning Soccer untuk masa depan yang lebih baik.

“Dengan tulus klub menyampaikan terima kasih atas kerja kerasnya dan kami berharap Tuan Capello akan mendapatkan hasil yang lebih baik untuk tugas dan kehidupannya,” lanjut pernyataan itu.

Sebenarnya, pada akhir tahun lalu pun Capello menyatakan bahwa dia memilih untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Jiangsu Suning saat musim 2018 berakhir. Kenyataannya, klub pun kini tidak menghendaki keberadaannya lebih lama.

Capello menjadi pelatih kedua yang dipecat kontestan Liga Super China pada musim berjalan ini, yang dimulai bulan lalu.

Pekan lalu klub China lainnya, Dalian Yifang, memecat Ma Lin dan menunjuk mantan pemain Real Madrid Bernd Schuster sebagai penggantinya.

Capello sebenarnya punya reputasi mentereng baik sebagai pelatih maupun ketika masih menjadi pemain. Sebagai pelatih, dia pernah menukangi Timnas Inggris dan Rusia. Di level klub, dia pernah menukangi AC Milan, Real Madrid, AS Roma, dan Juventus.

Sebagai pemain, dia bermain di sejumlah klub besar yakni AS Roma, Juventus, dan AC Milan—yang kemudian dia juga menjadi pelatihnya—setelah memulai karier di SPAL pada 1964.

Untuk Timnas Italia, Capello mempunyai 32 caps dan ikut mengontribusi delapan gol pada rentang waktu antara 1972 dan 1978.

Sumber : Reuters & Soccerway