www.korannasional.com-Swedia dan Korea Selatan mendapatkan pelajaran berharga menjelang keikutsertaan mereka dalam putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni – Juli mendatang setelah sama-sama kalah dengan skor tipis 1-2 dan kemasukan gol di ujung laga dalam pertandingan uji coba.

Dalam pertandingan pada Minggu dini hari WIB (25/3/2018) di kandang sendiri, Stadion Friends Arena di Solna, Swedia, tuan rumah ditaklukkan Cile—yang gagal lolos ke Rusia—akibat gagal mencegah lahirnya gol di menit akhir.

Arturo Vidal membuka keunggulan Cile pada menit ke-22, tetapi hanya semenit kemudian, tuan rumah berhasil memberikan gol balasan melalui Ola Toivonen dengan memaksimalkan assist Viktor Claesson.

Namun, kemenangan akhirnya menjadi milik tim tamu setelah Marco Bolados menjaringkan si kulit bundar di gawang Swedia yang dikawal kiper Kristoffer Nordfeldt pada menit ke-90.

Sementara itu, Korsel mendapatkan kekalahannya juga dengan skor 1-2 dari dalam pertandingan melawan Irlandia Utara, yang juga gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Kekalahan Korsel pun mereka dapatkan akibat gagal mencegah terjadinya gol di ujung pertandingan.

Bertarung di Stadion Windsor Park di Belfast, Irlandia Utara, tuan rumah dikejutkan dengan gol cepat tim tamu pada menit ke-7 yang disarangkan oleh Kwon Chang-hoon. Namun, 13 menit kemudian, Irlandia Utara sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 akibat gol bunuh diri pemain Korsel Kim Min-jae.

Gol kemenangan tuan rumah datang 5 menit menjelang laga usai melalui Paul Smyth. Menerima bola dari Conor Washington, dia menggoceknya, bergerak di antara tiga pemain lawan, dan melepas tendangan keras mendatar menusuk sudut kanan bawah gawang Korsel yang dikawal kiper Kim Seung-Gyu.

Ini menjadi kenangan manis bagi Smyth, yang sehari-hari merumput bersama Queens Park Rangers, karena gol itu terjadi saat dia menjalani debut di timnas senior. Lebih hebat lagi, pemain berusia 20 tahun itu baru bermain selama 4 menit ketika mencetak gol tersebut, masuk menggantikan Jordan Jones.

Dalam putaran final Piala Dunia 2018 mendatang, Swedia dan Korsel sama-sama berada di Grup F, bergabung dengan Meksiko dan juara bertahan Jerman.

Sumber : Reuters