www.korannasional.com-Sejumlah 4.974 mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia akan berkompetisi menunjukkan kemampuannya di bidang ilmu dasar Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia dalam ajang Olimpiade Nasional Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) pada 21-22 Maret 2018 di berbagai perguruan tinggi.

Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON-MIPA) telah diselenggarakan sejak 2009. Salah satu tujuan penyelenggaraan On-MIPA yaitu meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, serta meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap ilmu-ilmu dasar, sehingga kemampuan dasar masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan dan memiliki daya saing dengan negara lain.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (21/3/2018), pada seleksi tahap II ON-MIPA 2018 terdapat 4.974 mahasiswa mengikuti kompetisi. Jumlah tersebut terbagi ke dalam beberapa ilmu yaitu matematika 1.600 mahasiswa, fisika 1.030 mahasiswa, kimia 968 mahasiswa, dan biologi 1.376 mahasiswa.

Wilayah dengan jumlah peserta terbanyak berada di wilayah VII Surabaya dengan total peserta 588 mahasiswa dari seluruh ilmu yang dikompetisikan.

Mahasiswa yang lolos dengan predikat juara I dan II ON-MIPA perguruan tinggi tingkat wilayah berkesempatan melanjutkan kompetisi di tingkat nasional (seleksi tahap III). Pada tahap III, para peserta memperebutkan medali emas, perak, perunggu, dan predikat honourable mention. Semangat untuk para peserta dan dukung terus pendidikan tinggi Indonesia.(jbbi)