www.korannasional.com-Portugal mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah bagi cokelat termahal di dunia, yang dipamerkan di sebuah festival pada pekan lalu.

Cokelat itu dipamerkan pada sebuah festival cokelat di Obidos, pada Jumat (16/3/2018). Dilansir dari Reuters, Rabu (21/3), cokelat tersebut dilapisi emas murni 23 karat dan dihargai 7.728 euro atau sekitar Rp130 juta.

Cokelat ini merupakan satu dari koleksi terbatas 1.000 permen serta kue yang turut dipamerkan. Pembuatnya adalah Daniel Gomes, yang mengisi cokelat itu dengan campuran kunyit, white truffle, vanila dari Madagaskar, dan serpihan emas.

White truffle adalah jenis jamur termahal di dunia. Jamur ini berasal dari Italia dan sangat sulit ditemukan, sehingga harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah per kilogram.

Saking mahalnya, cokelat tersebut dijaga oleh dua petugas keamanan. Gomes mengatakan cokelat yang dibentuk seperti berlian itu telah mendapat sertifikat dari Guinness Book of Records sebagai cokelat termahal di dunia.

Tidak hanya harganya yang luar biasa, kotak penyimpanannya pun tak biasa. Kotaknya dibuat berbentuk mahkota dan dihiasi 5.500 kristal Swarovski serta disediakan penjepit khusus.

Harga cokelat yang tak disebutkan namanya ini melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh La Madeline au Truffe yang dibuat Fritz Knipschildt dari Denmark. Cokelat tersebut tercatat di Guinness Book of Records pada 2017, dengan harga US$250 atau sekitar Rp3,4 juta.

Sumber : Reuters