www.korannasional.com-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyatakan pada arus mudik nanti pembangunan tol fungsional diperkirakan mencapai kawasan Krapyak Kota Semarang. Rute ini rencananya bisa dilalui pengguna mobil dari Kabupaten Brebes menuju ke Semarang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jateng Satriyo Hidayat mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan infrastruktur jalan untuk dilalui pemudik dari Jawa Barat menuju Jateng via pantura. Diperkirakan pemudik banyak yang akan melalui Pantura Jateng seperti tahun lalu

“Kami sedang berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan tol agar nanti pemudik dari arah barat semakin nyaman melewati jalan tol. Nanti dari Gringsing menuju Semarang akan dibuka fungsional untuk memecah kemacetan saat arus mudik,” kata Satriyo, Senin (19/3/2018).

Satriyo menambahkan, jika sudah ada kepastian dari PUPR di mana exit tol fungsional berada, baru kemudian Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Satlantas Polda Jateng melakukan rekayasa lalu lintas selama arus mudik.

Dikatakan Satriyo jika sesuai rencana dan pembangunan tol tidak terkendala apapun, maka dari Brebes bisa melewati tol langsung menuju ke Semarang.

“Jika sudah jadi dan kami diberitahu di mana exit tol berada kami baru bisa melakukan rancangan bagaimana merancang sistem lalu lintas dan seperti apa kemungkinan yang akan dihadapi,” ucapnya.

Sementara itu, lanjut Satriyo untuk jalur lain yakni rute Semarang – Solo Kementrian PUPR juga tengah menggenjot pembangunan jalan tol agar bisa dibuka secara fungsional Juni nanti.

“Saat ini pembangunan sejumlah ruas tol di Jateng semua sedang tahap pengerjaan dan diharapkan rampung sesuai target yang telah ditetapkan,” katanya.(jbbi)