www.koranansional.com-Sebuah kereta penumpang Amtrak salah masuk jalur untuk kemudian menabrak dengan kereta angkutan barang yang sedang dalam posisi diam di South Carolina, Minggu (4/2) waktu AS, untuk kemudian menewaskan dua awaknya dan melukai paling sedikit 116 penumpang.

Para penyelidik dari Badan Keselamatan Transportasi Nasional NTSB sudah berada di Cayce, South Carolina, di mana Amtrak Train 91 yang mengangkut 139 penumpang dan delapan awak ke Miami dari New York, menabrak kereta barang CSX Corp pukul 2:35 dini hari waktu setempat (16.35 WIB) dan tergelincir di dekat Columbia, ibu kota negara bagian South Carolina.

Juru mesin Amtrak Michael Kempf (54) yang merupakan warga Savannah, Georgia, dan masinis Michael Cella (36) dari Orange Park, Florida, menjadi dua korban tewas dalam insiden ini, kata Margareth Fisher dari Lexington County Coroner dalam jumpa pers.

Proses otopsi sedang berjalan, sambung dia seperti dikutip Reuters. Dua dari 116 korban luka tengah dalam kondisi kritis.

“Sepertinya Amtrak ada di jalur yang salah,” kata Gubernur South Carolina Henry McMaster kepada wartawan.

Dia menyatakan saat insiden tidak ada seorang pun berada di kereta barang.  “Di area itu ada tiga jalur kereta, dan kereta barang sedang parkir di jalur angkut atas jalur pinggir, dan bukanlah kereta utam,” kata McMaster.

“Mengerikan sekali melihatnya,” kata dia. “Lokomotif pertama kereta barang robek, sebaliknya lokomotif tunggal kereta penumpang hampir tak utuh lagi.”(ant)