korannasional.com – Anggota DPR RI Komisi VIII Wenny Haryanto berharap media dapat memberikan informasi yang berimbang dan mencerdaskan masyarakat. Karena itu menurutnya wartawan harus trengginas mengejar berita yang dijadikan konsumsi kepada pembacanya.

Wenny mengungkapkannya pada acara Gathering Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok di Puncak, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jum’at (26/1/2018).

“Saya memberikan apresiasi kepada wartawan atas segala informasinya. Tanpa wartawan kita tidak akan cerdas, karena informasi yang diberikannya telah membuka wawasan kepada masyarakat,” kata Wenny.

Kader dari partai Golkar itu berharap PWI Depok dapat memberikan informasi yang berimbang dan positif kepada masyarakat maupun pemerintah. Pun menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial. “Jangan pernah ragu untuk mengkritik selama itu positif dan dapat dipertanggung jawabkan,” tuturnya.

Gathering yang bertajuk ‘Membangun Soliditas Menuju Jurnalis Berkualitas’ itu juga dihadiri oleh Kadiskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono, Ketua PWI Depok, Henry Arifianto, Wakil Ketua PWI Depok, Windarto, Sekertaris PWI Jaya DKI Jakarta, Kesit B. Handoyo, beserta jajaran wartawan yang bertugas di Kota Depok.

Kadiskominfo Depok Sidik Mulyono mengatakan dirinya selalu ingin berada di tengah wartawan, terlebih PWI Kota Depok. Dia mengaku media sebagai mitra kerja karena itu harus bersinergi dengan pemerintah Kota Depok.

“Banyak sekali komunitas wartawan di Depok dan kami mengapresiasi kegiatan mereka. Tapi PWI sebagai organisasi yang diakui pemerintah tetap harus eksis dan aktif dalam menjalin komunikasi dengan pemerintah. Jika harus ada yang dikritisi dari kinerja kami, silakan saja,” tutur Sidik.

Kota Depok memang sarat dengan organisasi kewartawanan. Kehadiran para awak media tersebut sebagai ikatan emosional yang tak bisa dipisahkan terhadap pembangunan kota Depok.

“Dalam rangka membangun kemajuan, perbaikan diri, kesamaan visi, kami menerima segala kritik dan saran. Itu membuat kami introspeksi diri dalam bekerja, karena itu kami butuh teman-teman media,” tuturnya.

Sementara itu, Windarto, Plt Ketua PWI Depok mengatakan pihaknya selalu terbuka dalam menjalin komunikasi sesama anggota. Karena itu, Gathering ini bagian dari tali silaturahim untuk memperkuat soliditas dan kinerja wartawan Kota Depok.

Menurutnya forum ini juga untuk membahas penyempurnaan peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI Kota Depok melalui perbaikan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), serta verifikasi media yang dilakukan Dewan Pers.

“Keberadaan teman-teman disini yang membuat kami bergerak. Kami merangkul semua untuk membangun dan membesarkan PWI Depok lewat berbagai kegiatan jurnalistik,” kata Windarto.

Menurut Plt Ketua PWI Depok pihaknya selalu terbuka dalam menjalin komunikasi sesama anggota. Karena itu, gathering ini bagian dari tali silaturahim untuk merpekuat soliditas dan kinerja wartawan Kota Depok.

“Forum ini juga untuk membahas penyempurnaan peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI Kota Depok melalui perbaikan uji kompetensi wartawan (UKW), serta verifikasi media yang dilakukan Dewan Pers,” tuturnya.* Suryansyah