www.korannasional.com-KPUD Jawa Barat menyatakan pada hari pertama pendaftaran belum ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dari jalur partai politik yang mendaftarkan diri ke Kantor KPU Jawa Barat di Jalan Garut Kota Bandung, Senin (8/1).

“Beberapa hari lalu terakhir tadi malam, memang ada beberapa perwakilan pasangan calon yang berubah-berubah. Jadi jadwal pendaftaran pasangan calon, itu hari ini tidak ada yang mendaftar,” kata Ketua KPUD Jawa Barat, Yayat Hidayat.

KPUD Jawa Barat membuka pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dari jalur partai politik untuk berlaga di Pilkada Jawa Barat 2018 dari 8-10 Januari 2018.

Mereka siap menyambut kehadiran para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat tersebut karena segala macam persiapan telah disiapkan semaksimal mungkin.

“Kalau untuk kesiapan KPU Jawa Barat sudah siap, optimal, dari sisi administrasi juga sudah kita siapkan, untuk mempersiapkan proses administrasi sudah kita siapkan, komunikasi dengan parpol, kita buat senyaman mungkin,” kata dia.

Selain itu, lanjut Hidayat, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan selama masa pendaftaran pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat.

“Keamanannya juga sudah kita kondisikan dengan pihak Polda Jawa Barat, kita sudah melakukan MoU dengan Polda Jawa Barat beberapa hari lalu . Polda sudah menempatkan satu pleton pasukannya di kantor KPU Jawa Barat,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk mengenalkan wisata politik saat masa pendaftaran pasangan calon, pihaknya mencoba memasukan budaya sunda di lingkungan Kantor KPUD Jawa Barat.

Nuansa budaya sunda dihadirkan oleh KPU Jawa Barat dengan ditampilkannya grup musik tradisional sunda dan para ASN di KPU Jawa Barat memakai pakaian tradisional sunda, seperti ASN lelaki memakai pangsi dan perempuan dan memakai kebaya.(ant)