www.korannasional.com-Mantan bintang sepak bola George Weah mengalahkan Wakil Presiden Joseph Boakai demi memenangkan pemilihan presiden Liberia dengan menangguk 61,5 persen suara berdasarkan 98,1 persen suara masuk, kata komisi Pemilu negara ini seperti dikutip Reuters.

Weah akan menggantikan inkumben Presiden Ellen Johnson Sirleaf bulan depan dalam masa transisi demokratis pertama sejak 1944 di Liberia.

Para pendukung Weah berparade di sepanjang jalan ibu kota Monrovia dan membunyikan klakson mobil untuk merayakan berita gembira itu.

Weah besar di daerah kumuh Clara Town di Monrovia untuk kemudian menjadi bintang AC Milan, Paris St Germain dan Chelsea serta menjadi satu-satunya pesepakbola Afrika yang dianugerai Pemain Terbaik Dunia FIFA.

Cercaannya terhadap kaum kaya mempertemukan dia dengan ketidakpuasan rakyat kepada 12 tahun kekuasaan Johnson Sirleaf yang dikritik karena gagal memberantas korupsi elite dan kemiskinan.

Tingkat partisipasi pemilih pada putaran kedua pemilihan presiden ini adalah 56 persen, kata Ketua Komisi Pemilu Nasional (NEC) Jerome Korkoyah kepada wartawan di Monrovia.

Liberia adalah republik modern paling tua di Afrika yang didirikan oleh bekas-bekas budak AS pada 1847. Pemindahan kekuasaan secara demokratisnya terjadi pada 1944 dan lalu diikuti kudeta militer pada 1980 serta perang saudara selama 14 tahun yang baru berakhir pada 2003.(ant)