www.korannasional.com-Ishibashi Yusuke (48), seorang turis warga negara Jepang, meninggal dunia akibat tenggelam ketika bermain selancar ombak di Pantai Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Rabu (13/12/2017).

“Korban meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan laut di Pantai Lhoknga, Rabu, sekitar pukul sembilan pagi,” kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto melalui Kapolsek Lhoknga Iptu Yoga Panji Prasetya yang dihubungi dari Banda Aceh.

Ia mengatakan, Ishibashi Yusuke pemegang paspor bernomor TR4539159. Korban menginap di Akira Home Stay Lhoknga yang berlokasi di sekitar lapangan golf.

Yoga menyebutkan, kejadian berawal ketika korban diantar Mukhlis, pemilik penginapan, ke pantai yang berada di belakang lapangan golf Lhoknga sekitar pukul 08.00 WIB.

Korban ke pantai tersebut karena hendak bermain selancar. Setelah mengantar korban, Mukhlis menuju Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) di Blangbintang untuk menjemput turis asing lain yang hendak ke penginapannya.

“Saat bermain selancar, korban tenggelam. Warga sekitar serta wisatawan asing lainnya yang saat itu berada di lokasi kejadian sempat melakukan penyelamatan terhadap korban,” katanya.

Korban sempat diselamatkan, namun kondisinya kritis. Sekitar pukul 09.00, korban dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUD ZA) Banda Aceh untuk penanganan medis lebih lanjut.

Namun, menurut Yoga, beberapa saat di ruang instalasi gawat darurat RSUD ZA, nyawa turis warga negara Jepang tersebut tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia sekira pukul 10.30 WIB.

“Dugaan sementara, korban dihantam ombak besar yang menyebabkannya tenggelam. Saat ini jenazah korban masih di RSUD ZA menunggu penjemputan dari Kedutaan Besar Jepang dan rekannya yang saat ini berada di Bali,” demikian Iptu Yoga Panji Prasetya.(ant)